KPU Desak Gubernur Irwandi untuk Melantik KIP Aceh

Banda Aceh, Mercinews.com – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Ilham Saputra mengatakan, pihaknya akan terus mendesak Gubernur Aceh untuk segera melantik KIP Aceh yang terpilih berdasarkan ujian terbuka yang digelar oleh DPR Aceh beberapa waktu lalu.

Komisioner KPU yang pernah menjabat Wakil Ketua KIP Aceh tersebut kepada awak media di Banda Aceh Senin 28 Mei 2018 mengatakan, pihaknya telah menemui Gubernur Aceh Irwandi Yusuf untuk membahas kekosongan di KIP Aceh karena keengganan gubernur untuk segera melantik.

Baca Juga:  DPRA: Jika Gubernur Tak Mau, KIP Aceh Bisa Dilantik Mendagri

Dalam pertemuan bersama gubernur Aceh, Irwandi Yusuf mengatakan pemerintah Aceh akan mengacu pada  UUPA. Menurut gubernur, dalam qanun disebutkan jika tahapan sudah dimulai maka komisioner KIP harus diperpanjang masa jabatannya.

Baca Juga:  Besok, KPU Sampaikan Hasil Verifikasi Administrasi Bacaleg 2019

“SK sudah kita keluarkan kemudian kita meminta gubernur untuk segera melantik namun gubernur kemudian langsung  memegang ada klausul qanun tersebut masih di masa tahapan jadi dia harus diperpanjang,” ujarnya.

Ilham juga berharap, agar qanun tersebut bisa direvisi agar tidak menghambat kinerja KIP Aceh.

Jika tidak, Ilham mengatakan, pihaknya akan terus berpegang pada UUPA meskipun dalam UU 7 tahun 2017 KPU RI dibenarkan untuk melantik komisioner KIP yang terpilih.

Baca Juga:  Ini Nama Calon Anggota KIP Aceh Hasil Pleno Komisi I DPRA

“KPU bisa melantik namun UU 11 tahun 2006 sama dengan UU nomor 7 2017 jadi kami mengacu yang melantik adalah gubernur itu adalah bentuk keistimewaan Aceh kalau kami melanggar kami juga melanggar UU,” ujarnya lagi.

  • 34
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Kategori

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved