PBA Usulkan Gua Euek Leunti Berusia 7.400 tahun Menjadi Situs Sejarah Tsunami di Aceh

Banda Aceh, Mercinews.com – Kepala Badan Penangulangan Bencana Aceh (BPBA) Teuku Ahmad Dadek, mengusulkan agar Guha Euk Leunti atau Gua Purba Tsunami Aceh yang terdapat di Gampong Meunasah Lhok, Kecamatan Lhoong, Kabupaten Aceh Besar dijadikan menjadi tempat situs sejarah Tsunami di Provinsi Aceh.

Ahmad Dadek mengatakan, penemuan gua endapan tsunami ini merupakan suatu penemuan penting untuk memperkaya kajian tsunami di Aceh.

Menurutnya dengan adanya gua ini Aceh menjadi tempat paling bagus untuk pembelajaran tsunami dan menjadi laboratorium untuk memperkuat pencegahan dan kesiapsiagaan bencana di masyarakat.

“Sehingga penemuan ini perlu didorong dalam pelestariannya, BPBA akan menganggarkan dana untuk mendorong ini di RKA 2019,” kata Ahmad Dadek, di Banda Aceh, (28/8/2018).

Selain dijadikan tempat pendidikan tsunami gua ini nantinya juga menjadi lokasi kunjungan wisata tsunami dan yang terpenting membangkitkan kesiapsiagaan bencana di masyarakat untuk mengurangi korban jiwa.

Dalam hal ini tambahnya BPBA telah menginisiasi agar gua purba tsunami ini bisa menjadi situs sejarah tsunami. Dengan menyurati Sekda Aceh Besar dan memberikan telaah kepada Gubernur untuk menginstruksikan kepada Pemda Aceh Besar agar segera membereskan kepemilikan lahan di sekitar gua.

“Kami memberikan telaah kepada Setda Aceh Besar agar mengeluarkan SK penetapan kawasan dan melalukan pembebasan tanah,” ujarnya.

Hal tersebut juga disampaikan peneliti dari TDMRC Nazli Ismail, menurutnya selama ini pihaknya telah melalukan penggalian untuk melihat sejarah tsunami mulai dari 7400 tahun lalu, hingga kejadian tahun 2004 dalam gua tersebut.

Baca Juga:  Ditemukan Gua Berusia 7.400 tahun Bekas Tsunami Melanda Aceh

Dimana kata dia terdapat endapan – endapan tanah yang berasal dari gelombang tsunami dan kotoran kelelawar yang hidup dalam gua tersebut. “Tidak ada salahnya jika disini juga dibangun tugu patahan sumatera di patahan Lamtamot,” ujar Nazli.[]

  • 163
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved