Khadam Makam: 14 Ramadan Hari Wafatnya Tgk Di Anjong

Banda Aceh, Mercinews.com – Khadam Makam Tgk. Di Anjong, Tgk. Fahmi (43), mengatakan akan menyelenggarakan haul tahunan Tgk. Di Anjong pada Rabu, 30 Mei 2018/14 Ramadhan 1439 H, di halaman masjid Tgk. Di Anjong, Gampong Peulanggahan, Kecamatan Kuta Raja, Kota Banda Aceh.

“Acara tersebut akan dilaksanakan setelah ashar atau pukul 18:00 wib, dengan kegiatan acara, baca yasin atau tahlil dan ziarah serta buka puasa bersama,” ujarnya.

Tgk. Fahmi mengatakan di kemasjidan dan pemakaman Tgk. Di Anjong dalam setiap tahun rutin melaksanakan ada dua acara  yakni acara haul dan acara ziarah kubra.

Baca Juga:  PuKAT: Meninggal nya Cucu Sultan Aceh Menutup Satu Jendela Aceh pada Dunia

“Acara haul kami adakan setiap tahun pada 14 Ramadhan, yaitu bertepatan dengan hari wafat Tgk Di Anjong, dan bertujuan untuk mengirimkan doa kepadanya. Sedangkan zarah kubra bertujuan berdo’a untuk seluruh arwah para wali yang ada di Aceh ataupun di Hadhramaut,” katanya.

Khadam makam juga mengatakan, dengan adanya acara tersebut, semoga bisa mempererat hubungan silaturrahmi antara sesama masyarakat, dan juga mengajak masyarakat untuk mencintai ulama, meningkatkan pengetahuan tentang sejarah, dan bisa menanamkan nilai-nilai moral seperti yang diterangkan dalam Alquranul Karim.

Baca Juga:  Jenazah Cahya Nur Alam akan Dimakamkan di Komplek Makam Sultan Iskandar Muda

“Terkait dengan nama Tgk. Di Anjong, nama aslinya adalah Al-Habib Sayyid Abubakar bin Husain Bilfaqih berasal dari Hadramaut, Yaman. Sampai hari ini juga nama beliau di Yaman sangat terkenal,” kata Tgk. Fahmi.

Ia juga menambahkan bahwa nama Tgk. Di Anjong digelar dengan alasan bahwa beliau adalah salah satu ulama yang disanjong atau dimuliakan, dan dalam versi lain disebutkan karena beliau banyak menghabiskan waktu beribadat, seperti shalat, bershalawat, dan berzikir di anjongan masjid yang bertingkat tiga.

Baca Juga:  Sosok Pendiri GAM Hasan Tiro, 3 Juni 2010-3 Juni 2018

“Di zaman Kesultanan Aceh Darussalam beliau dikenal sebagai ulama tasauf dan juga aktif dalam membimbing manasik haji bagi calon jamaah haji yang berasal dari dalam kesultanan Aceh Darussalam dan Semenanjung Melayu, dan lain-lain,” ujarnya.

Tgk. Fahmi juga menjelaskan, di sisi kanan makam Tgk Di Anjong adalah makam istrinya, Syarifah Fatimah binti Sayid Abdurrahman Al-Aidid (Aja Eusteri) yang juga berasal dari Yaman.[]

Penulis: Jamaluddin

  • 169
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Kategori

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved