Tingkat Kemiskinan Aceh Tertinggi di Sumatera, Pengamat Minta Dana Otsus Diperpanjang

Banda Aceh, Mercinews.com -Pengamat Ekonomi Aceh, Dr. Amri, SE.,M.Si mengatakan, besarnya dana Otonomi Khusus (Otsus) yang diterima Pemerintah Aceh sejak sepuluh tahun terakhir ternyata belum membawa dampak apa-apa bagi kesejahteraan masyarakat Aceh.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statiatik (BPS), tingkat kemiskinan dan pengangguran Aceh lebih tinggi dari nasional, dan Aceh juga provinsi dengan tingkat kemiskinan tertinggi di Sumatera.

“Padahal, uang yang mengalir ke Aceh cukup banyak, dana Otsus sampai sekarang sudah melebihi Rp 60 triliun, namun tingkat kesejahteraan masyarakat belum seperti yang diharapkan,” kata Amri pada acehtrend, Rabu (30/5/2018).

Untuk itu pria yang juga dosen senior di Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala Banda Aceh ini meminta Pemerintah Aceh agar melakukan pemetaan ulang (maping) terhadap dana Alokasi Otsus (Doka) untuk percepatan peningkatan kesejahteraan rakyat Aceh.

Karena dana ini dinilai belum optimal dimanfaatkan untuk keperluan semestinya seperti untuk percepatan peningkatan kesejahteraan rakyat Aceh.

“Berdasarkan data dan fakta, tentang perekonomian Aceh, tingkat kemiskinan masih tinggi, tingkat pengangguran masih tinggi, maka perlu dilakukan managemen pengelolaan keuangan dana Otsus yang lebih baik ke depan, ” jelasnya.

Disamping itu, Pemerintah Aceh diminta untuk melobi pemerintah pusat agar Doka ini dapat diberikan tidak terbatas waktu untuk Aceh.

Menurutnya, selama ini penggunaan dana Otsus belum tepat sasaran, padahal indikator kesejahteraan rakyat bisa dilihat pada tingkat kemiskinan, pendidikan dan kesehatan.

Baca Juga:  Ini Empat Strategi Pengentasan Kemiskinan di Aceh

Seperti diketahui, Otsus Aceh akan berakhir pada 2027 dan pada umumnya dana APBA berasal dari dana Otsus, pada tahun ini saja (2818) dari total dana APBA Rp 15,1 triliun terdapat sebesar Rp 8,1 triliun dari dana Otsus.

“Keberadaan Otsus ini merupakan penerimaan Pemerintah Aceh yang ditujukan untuk membiayai pembangunan terutama pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur, pemberdayaan ekonomi rakyat, pengentasan kemiskinan, dan peningkatan pendidikan, sosial, serta kesehatan,” tuturnya. []

  • 248
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved