Suriah Berencana Akui Abkhazia dan Ossetia, AS Murka

Washington, Mercinews.com – Amerika Serikat (AS) mengutuk upaya Suriah untuk mengakui kemerdekaan Abkhazia dan Ossetia, dua wilayah yang berusaha memisahkan diri dari Georgia. AS mengatakan, mereka sepenuhnya mendukung kedaulatan Georgia dan menegaskan kembali seruannya bagi Rusia untuk menarik pasukan dari daerah itu.

“AS sangat mengutuk niat rezim Suriah untuk menjalin hubungan diplomatik dengan wilayah Georgia yang diduduki Rusia, yakni Abkhazia dan Ossetia Selatan,” ucap juru bicara Kementerian Luar Negeri AS, Heather Nauert.

“Kedua wilayah ini adalah bagian dari Georgia. Posisi AS mengenai Abkhazia dan Ossetia Selatan tak tergoyahkan,” sambungnya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Al Arabiya pada Kamis (31/5).

Dia lalu meminta Rusia untuk menarik pasukannya dari Abkhazia dan Ossetia Selatan, sesuai dengan perjanjian gencatan senjata tahun 2008. Gencatan senjata itu tercapai setelah terjadi perang selama beberapa hari antara Rusia dan Georgia.

“Kami sepenuhnya mendukung kedaulatan, kemerdekaan, dan integritas teritorial Georgia dalam batas-batas yang diakui secara internasional, dan menyerukan semua negara untuk melakukan hal yang sama,” ungkapnya.

Pernyataan AS datang satu hari setelah Georgia mengatakan mereka akan memutuskan hubungan diplomatik dengan Suriah, setelah Damaskus bergerak untuk mengakui kedua wilayah itu sebagai negara merdeka.

Rusia, Nikaragua, Venezuela dan Nauru sebelumnya telah mengakui kemerdekaan Abkhazia dan Ossetia Selatan. Keduanya memisahkan diri dari Georgia setelah runtuhnya Uni Soviet.[]

Baca Juga:  Kuwait Blokir Pernyataan PBB Kritik Pemimpin Palestina

Sumber: SINDOnews

  • 79
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved