UI Kukuhkan Gelar Doktor kepada Azwar Abubakar

Banda Aceh, Mercinews.com – Universitas Indonesia akan mengukuhkan gelar doktor kepada mantan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia, Azwar Abubakar. Gelar doktor itu diberikan atas desertasinya Membangun Model Collaborative Governance dalam Pemberantasan Korupsi di Indonesia.

Pemberian gelar tersebut dijadwalkan pada Rabu 6 Juni mendatang sekitar pukul 16.00 WIB yang bertempat ruang auditorium Juwono Sudarsono (AJS) Gedung F Lantai 2 Kampus FISIP UI Depok.

Dilansir Wikipedia.org, Azwar Abubakar merupakan pria kelahiran Banda Aceh 21 Juni 1952. Dia lulus Sarjana Arsitek dari Institut Teknologi Bandung, lalu mendapatkan gelar Magister Management dari Universitas Syiah Kuala di Aceh. Setelah lulus, dia bekerja sebagai konsultan dan pengusaha.Setelah kejatuhan Presiden Soeharto pada tahun 1998, dia mulai bergerak di dunia politik, dan menjadi salah satu pendiri Partai Amanat Nasional cabang Aceh.

Dari tahun 2000 sampai 2004, Abubakar berjabatan sebagai Wakil Gubernur Aceh, kemudian menjadi gubernur sementara setelah Gubernur Abdullah Puteh terkena tuntutan korupsi.Sebagai gubernur sementara, dia menangani periode setelah gempa dan tsnami, dengan jumlah pegawai sipil diperkira pada saat itu berkurang sebanyak dua pertiga. Dia juga harus mengatasi masalah Gerakan Aceh Merdeka. Dia mencalonkan diri untuk menjadi gubernur pada pemilihan umum tahun 2006 dengan Nasir Djamil, seorang anggota Partai Keadilan Sejahtera, sebagai wakilnya.Namun, dia terkalahkan Irwandi Yusuf.

Abubakar terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat pada tahun 2009, mewakili Aceh.Dia juga menjadi anggota Komisi I, yang mengamati pertahanan dan urusan luar negeri.Pada tanggal 19 Oktober 2011, Abubakar menggantikan E.E. Mangindaan sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia.[] ajnn

Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Kategori

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved