Ribuan Warga Mengiringi Prosesi Pemakaman Razan al-Najjar di Gaza

Gaza, Mercinews.com – Pejabat dan saksi layanan kesehatan Palestina di Gaza mengatakan bahwa sniper militer Israel menembak Najjar saat dia mencoba menyelamatkan demonstran yang terkena tabung gas air mata Israel pada hari Jumat.

Saat mendekati demonstran yang terluka, sukarelawan medis berparas cantik ini sudah mengenakan seragam warna putih dan mengangkat tangan sebagai isyarat bahwa dia pekerja kemanusiaan.

Baca Juga:  Jet Tempur Israel Serang Instalasi di Jalur Gaza

Sementara itu, ribuan pelayat mengiringi prosesi pemakaman Najjar di Gaza pada hari Sabtu. “Dengan jiwa dan darah kami, kami membalaskanmu, martir Razan,” teriak para pelayat ketika jenazah perawat itu dibawa ke rumahnya untuk perpisahan terakhir sebelum dimakamkan, seperti dikutip Reuters, Minggu (3/6/2018).

Para warga Gaza mengenal Najjar sebagai sukarelawan medis yang populer di tempat-tempat protes. Publik di Jalur Gaza menjulukinya “guardian angel” atau malaikat pelindung.

Baca Juga:  Pesawat jet tempur Israel Bom Bardir Jalur Gaza

Kematiannya menambah daftar korban jiwa di pihak Palestina menjadi 119 orang sejak protes massal bertajuk “Great March of Return” dimulai sejak Maret lalu.

Lembaga Bantuan Medis Palestina (PMRC) mengatakan Najjar ditembak ketika dia berusaha memberikan pertolongan pertama kepada seorang pengunjuk rasa yang terluka.

Baca Juga:  Ramallah Serukan Warga Palestina Boikot Pemilihan Umum di Yerusalem

“Menembak personel medis adalah kejahatan perang di bawah konvensi Jenewa,” kata PMRC dalam sebuah pernyataan. PMRC menuntut respons internasional atas pelanggaran hukum humaniter Israel di Gaza.

Utusan PBB untuk Timur Tengah, Nickolay Mladenov, menulis di Twitter bahwa pekerja medis bukan target.”Israel perlu mengkalibrasikan penggunaan kekuatannya dan Hamas perlu mencegah insiden di pagar perbatasan,” tulis dia.[]

  • 194
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Kategori

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved