Gunung Berapi Guatemala Meletus Dahsyat, 25 Orang Tewas

Guatemalan City, Mercinews.com – Setidaknya 25 orang telah tewas dan puluhan lainnya terluka serta hilang setelah gunung berapi Fuego di Guatemala meletus dahysat pada Minggu waktu setempat atau Senin (4/6/2018) WIB. Gunung itu menyemburkan abu vulkanik dan batu setinggi sekitar 10km ke udara.

Letusan Gunung Fuego juga memaksa warga Guatemala melakukan eksodus massal setelah desa-desa mereka diselimuti abu.

Koordinator Nasional untuk Pengurangan Bencana (Conred) Guatemala mengatakan, data sementara ada 25 orang yang dilaporkan meninggal, termasuk warga dari komunitas El Rodeo.

Media setempat yang dilansir Russia Today melaporkan sekitar 2.000 warga di sekitar gunung melakukan eksodus ke kota lain yang lebih aman.

Kepala Conred Sergio Cabanas mengatakan, dua dari total korban jiwa adalah anak-anak. Kedua anak tersebut tewas terbakar ketika berdiri di sebuah jembatan untuk menyaksikan letusan gunung berapi Fuego.

Erupsi gunung berapi ini tercatat sebagai yang kedua kalinya sepanjang tahun ini. Menurut Conred, erupsi telah menghasilkan aliran piroklastik yang kuat di Barrancas de Cenizas, Mineral, Seca, Taniluya, Las Lajas dan Barranca Honda lokalitas.

Bandara Internasional La Aurora telah menutup landasannya karena diguyur abu vulkanik. Penutupan bandara ini sebagai tindakan pencegahan bahaya abu vulkanik terhadap pesawat.[] Sindonews

Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved