Paripurna Interpelasi Gagal, Jubir: Seharusnya DPRA Bersikap Wajar

Banda Aceh, Mercinews.com – Juru Bicara Pemerintah Aceh Wiratmadinata mengatakan, kalangan legislatif Aceh seharusnya bersikap wajar merespon ketidakhadiran Gubernur Aceh Irwandi Yusuf dalam Paripurna Khusus DPRA kemarin.

Karena sesungguhnya Pemerintah Aceh telah menginformasikan secara resmi bahwa paripurna tersebut berbenturan dengan agenda gubernur dan keluarga yang sedang menjalankan ibadah umrah.

“Gubernur bukan tidak hadir karena mangkir atau tidak menghargai DPRA. Tapi sedang melaksanakan ibadah umrah bersama keluarga,” kata Wiratmadinata, Selasa (5/6/2018).

Wakil gubernur, kata Wira, juga sudah meminta DPRA untuk menjadwalkan ulang paripurna tersebut.

“Oleh karena itu sama sekali tidak tepat atau tidak pantas jika dikatakan gubernur tidak hadir.”

Seharusnya, kata Wira, DPRA bersikap wajar dengan membalas surat resmi Pemerintah Aceh. Tidak perlu menuding gubernur tidak menghormati DPRA, karena masalahnya sudah sangat jelas: gubernur sedang beribadah umrah. “Jadi tidak tepat kata-kata tidak menghormati,” katanya.

Kata Wira, pada dasarnya gubernur bersama jajarannya sedang mempersiapkan diri dengan melakukan kajian agar dapat memberikan penjelasan atau keterangan kepada DPRA terkait agenda interpelasi tersebut.

Tapi pada saat yang bersamaan, jadwal umrah gubernur beserta seluruh keluarga sudah tiba dan harus dipenuhi.

“Oleh karena itu, sulit untuk mewakilkan kepada jajarannya, termasuk wakil gubernur. Kalaupun nanti diwakilkan, gubernur ingin memutuskan nanti setelah beliau umrah. Seharusnya DPRA dapat memaklumi hal ini,” katanya.

Baca Juga:  Irwandi: Jangan Jual Proyek Setelah Ambil Uang Muka, Saya Akan Cek Kelapangan

Seperti diketahui, kalangan legislatif Aceh meradang setelah Paripurna Khusus DPRA dengan agenda mendengarkan keterangan gubernur Aceh atas hak interpelasi DPRA, gagal lantaran ketidakhadiran Irwandi Yusuf maupun perwakilan Pemerintah Aceh, kemarin.

DPRA menilai gubernur Aceh telah melecehkan lembaga wakil rakyat itu.[]

  • 38
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved