Mercinews


Foto Amien Rais-Habib Rizieq Hilang di IG, Begini 2 Analisis Menkominfo

67ef8bb5 e507 4f69 8f53 b6deaae93ff1 43 1 - Foto Amien Rais-Habib Rizieq Hilang di IG, Begini 2 Analisis Menkominfo

Jakarta, Mercinews.com- Menkominfo Rudiantara menyebut ada dua kemungkinan yang menyebabkan foto pertemuan Amien Rais-Prabowo Subianto dengan Habib Rizieq Syihab hilang di Instagram. Apa saja?

“Secara teknis kemungkinan yang terjadi adalah, mungkin yang punya akun dia take down sendiri, itu bisa,” kata Rudi di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (5/6/2018).

Kemungkinan kedua, Rudi menyebut ada sejumlah user Instagram atau pengguna yang melaporkan foto tersebut ke pihak Instagram. Namun, dia mengatakan ketentuan penghapusan foto itu sepenuhnya menjadi hak Instagram sebagai penyedia fasilitas.

Baca juga:  Pelukan dengan Jokowi dan Atlet, Prabowo: Kita Satu Keluarga

“Atau ada aduan dari komunitas atau masyarakat. Kan kita bisa centang tuh. Itu juga bisa. Tapi itu yang menetapkan nanti Instagram,” jelas dia.

Pria yang akrab dipanggil Chief RA itu menegaskan pemerintah tidak ikut campur soal hilangnya foto Amien dan Habib di akun Instagram @amienraisofficial. Menkominfo, sebut Rudi, fokus berurusan paa konten-konten negatif.

“Yang pasti pemerintah, Menkominfo tidak melakukan itu,” ucapnya.

“Saya itu hanya meng-address apabila ada konten-konten yang negatif. Jadi kalau misalkan haknya segala rupa itu hubungan antara user dengan yang menyediakan fasilitas,” imbuh Rudi.

Baca juga:  Prabowo Menang Telak di Mandailing Natal, Bupati Dahlan Minta Mundur

Sebelumnya, ada foto Amien saat bertemu dengan Rizieq dan Prabowo ketika umrah. Saat dilihat pada Senin (4/6), foto itu tidak ada lagi. Foto yang mendadak hilang itu sebelumnya ada di akun Instagram @amienraisofficial.

Admin IG @amienraisofficial mengungkapkan kekecewaannya atas hilangnya foto-foto tersebut. Admin menyebut hal itu menjadi bukti kebebasan berekspresi yang dicederai. (detikcom)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.