Mercinews


Gaji Tak Dibayar, Pekerja di Aceh Timur Menjerit

IMG 20180605 113544 crop 717x522 - Gaji Tak Dibayar, Pekerja di Aceh Timur Menjerit

Aceh Timur, Mercinews.com – Sejumlah massa yang terdiri dari pekerja dalam proyek pembangunan tangki di PT Medco E&P di Aceh Timur menuntut agar gaji mereka dibayar dalam waktu dekat.

Hal itu disampaikan para pekerja dalam unjuk rasa di depan Mapolres Aceh Timur di Idi, Selasa 5 Juni 2018.

Seorang pekerja, yang juga Humas di PT Rakan Sejahtera Abdus Samad yang akrab disapa Toke Janeng mengatakan, sejak Mei 2017 hingga proyek rampung pada Oktober 2017 lalu pihaknya tidak menerima gaji.

Hal itu menurut Abdus Samad, diakibatkan PT Barata Indonesia tidak membayar upah kerja kepada PT Rakan Sejahtera selaku pengelola proyek tersebut.

Baca juga:  Sejumlah Perempuan Celana Ketat dan Laki-laki Celana Pendek Terjaring Razia di Aceh Timur

Bukan hanya tidak digaji, Abdul Samad yang juga bertugas meng-handle konsumsi para pekerja harus berhutang ke warung- warung. Total tunggakan katering sebanyak Rp 226 juta.

“Katering Rp 226 juta belum terbayar sudah diteken Rp 226 juta. Ada pinjaman 30 juta. Saya sudah kepepet banyak hutang di warung-warung nasi dan tempat ikan,” ujarnya.

Abdus Samad berharap, agar PT Barata Indonesia segera melunasi upah kepada PT Rakan Sejahtera. Sehingga para pekerja tidak menjerit.

“Saya menuntut PT Barata bayar ke PT Rakan dan Rakan bayar ke saya,” ujarnya.

Baca juga:  Polisi Terlibat Kontak Tembak dengan KKB di Aceh Timur

Sebagai informasi, PT JGC sebagai maincont proyek pembangunan tangki di PT Medco E&P Aceh Timur men-subkan proyek tersebut kepada BUMN PT Barata Indonesia. Selanjutnya, PT Barata Indonesia men-subkan kepada PT Rakan Sejahtera dengan nilai proyek Rp 9,7 mililar.

Pengerjaan tangki berlangsung selama 1 tahun yang dimulai Oktober 2016 dan rampung pada Oktober 2017. Pasca tangki rampung, Rakan Sejahtera hanya menerima pembayaran Rp 3,7 miliar dari Barata, sementara itu sisa Rp 6 miliar belum dilunasi hingga saat ini.[]

Sumber: Mediaaceh.co

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.