PuKAT: Meninggal nya Cucu Sultan Aceh Menutup Satu Jendela Aceh pada Dunia

Banda Aceh, Mercinews.com – Lembaga Kebudayaan Antarbangsa, Pusat Kebudayaan Aceh-Turki (PuKAT) mengucapkan duka mendalam atas wafatnya Sulthanah Teungku Putroe Safiatuddin Cahya Nur Alam binti Tuanku Raja Ibrahim, tanggal 21 Ramadhan 1439 / 6 Juni 2018, Pukul 06.45 Wita di RS Kota Mataram – NTB.

Owner PuKAT, Dr Mehmet Ozay, mengatakan, kepergian Sultanah Cahya Nur Alam adalah kehilangan besar tidak hanya bagi Aceh tapi juga Indonesia.

“Beliau adalah satu-satunya Pelaku Sejarah yang masih bisa memetakan peristiwa-peristiwa sejarah yang dilalui leluhurnya. Sayangnya, lagi-lagi pemerintah Aceh terlambat untuk mengumpulkan dan menyebarkan pikirannya pada generasi Aceh yang saat ini terbenam dengan teknologi internet. Kepergian Beliau telah menutup satu jendela Aceh pada dunia. Semoga Ia diberikan tempat dengan derajat paling tinggi disisi Allah SWT,” kata Mehmet Ozay kepada portalsatu, dari Istanbul, Turki, Rabu, 6 Juni 2018.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Cahya Nur Alam merupakan cucu Sultan Aceh Darussalam yang terakhir, Sultan Muhammad Daud Syah. Jenazah disemayamkan di rumah duka Jl.Kesra Raya No.124, Perumnas Tanjung Karang, Mataram, NTB.

Kemungkinan jenazah Sulthanah Teungku Putroe Safiatuddin Cahya Nur Alam akan dimakamkan di samping ayah beliau, Tuanku Raja Ibrahim, di Baperis.

Baperis (Badan Pembina Rumpun Iskandarmuda) merupakan kompleks makam Sultan Iskandar Muda, yang di sana ada makam Sultan Besar Sultan Mansur Syah. Berada di samping Museum Aceh, dan di sisi Meuligoe Gubernur Aceh.

Baca Juga:  Ditemukan Gua Berusia 7.400 tahun Bekas Tsunami Melanda Aceh

Sebagaimana diketahui, Yang Mulia (YM) Sultanah Teungku Putroe Safiatuddin Cahya Nur Alam binti Tuwanku Ibrahim bin Sultan Muhammad Daodsyah. Sultan Muhammad Daodsyah merupakan sultan Aceh Darussalam yang terakhir, yang memimpin perang melawan Belanda.

Setelah puluhan tahun, beliau ditangkap dan ditawan dibuang ke Rawamangun, Jakarta. Makam Sultan Muhammad Daodsyah berada di Rawamangun, Jakarta Timur.[]

  • 118
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved