Jet-jet Tempur F-16 Irak Bombardir ISIS di Suriah

Baghdad, Mercinews.com – Sejumlah pesawat jet tempur Irak membombardir basis kelompok ISIS di wilayah Suriah pada Kamis (7/6/2018). Serangan udara ditargetkan terhadap wilayah Hajin.

Kelompok Islamic State atau ISIS, yang pernah menduduki sepertiga wilayah Irak, telah dikalahkan di negara tersebut. Namun, sisa-sisa militannya masih menjadi ancaman di sepanjang perbatasan Irak dengan Suriah.

“Jet-jet F-16 Irak mengebom pagi ini, pada Kamis, terhadap apa yang disebut sebagai pusat komando dan kendali yang berisi para pemimpin dan petempur milik geng teroris Daesh (ISIS) di Hajin di dalam wilayah Suriah,” bunyi pernyataan militer Irak, seperti dikutip Reuters. Militer Irak tak merinci hasil serangan tersebut.

Irak memiliki hubungan baik dengan Iran dan Rusia, pendukung utama rezim Presiden Bashar al-Assad dalam perang sipil Suriah. Namun, Baghdad juga menikmati dukungan kuat dari koalisi internasional yang dipimpin Amerika Serikat.

Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi mengumumkan kemenangan pasukannya atas ISIS pada bulan Desember lalu. Namun, sisa-sisa militan ISIS masih beroperasi di sepanjang perbatasan Irak dengan Suriah dengan terus melakukan penyergapan, pembunuhan dan pemboman di seluruh Irak.

Kelompok yang dipimpin Abu Bakr al-Baghdadi ini telah menggunakan taktik gerilya sejak gagal mempertahankan wilayah Irak dan Suriah yang mereka duduki. Kelompok itu berambisi menciptakan negara yang mereka klaim sebagai “khalifah” di wilayah yang diduduki.
(mas) SINDOnews

  • 45
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved