Cuaca di Aceh 34-35 Derajat Celcius Lahan Kosong di Samping Hotel Hermes Terbakar

Banda Aceh, Mercinews.com – Satu petak lahan kosong yang berada di samping Hotel Hermes Banda Aceh dilaporkan terbakar, Selasa (12/6/2018) siang.

Lahan kosong ini disebut-sebut milik M. Kausar, salah satu pengusaha asal Meulaboh.

“Kami melihat ada dua unit Damkar sedang memadamkan api,” ujar Kapolsek Ulee Kareng Mawardi melalui Kanit Reskrim Polsek Ulee Kareng Bripka Feri Fadli,

Dia mengatakan api diperkirakan muncul sekitar pukul 15.00 WIB.

“Mungkin karena cuaca terlalu panas. Sedangkan lahan kosong ini dipenuhi semak belukar dan beberapa pohon kelapa,” katanya lagi.

Kebakaran lahan kosong ini baru berhasil diatasi sekitar satu jam dari kejadian.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Hanya saja akibat kebakaran lahan kosong ini, daerah sekitar Jalan Panglima Nyak Makam, Gampong Lambhuk dipenuhi asap.

Data dan Informasi BMKG Bandara Sultan Iskandarmuda (SIM) Blangbintang, Zakaria Ahmad, menyebutkan suhu udara maksimum di Aceh hari ini mencapai 34-35 derajat Celcius, Selasa (12/6/2018).

Suhu ini berlaku untuk dataran rendah dan masih dalam kategori normal.

“Suhu udara 35 derajat Celcius pada bulan-bulan Juni itu biasa, dan bahkan di bulan Agustus bisa mencapai 36.0 derajat atau lebih,” kata Zakaria.

Dia menyebutkan dengan suhu udara yang demikian cukup mudah terjadi kebakaran.

“Masyarakat tidak perlu panik, cuma yang perlu diperhatikan agar di musim kemarau tidak membuka lahan pertanian dengan cara membakar hutan,” ujar Zakaria.

Baca Juga:  Dinsos Aceh dan BPBA Salurkan Bantuan untuk Korban Kebakaran di Keuramat Dalam

Dia juga meminta masyarakat, terutama kaum ibu, supaya hati-hati dalam membakar sampah. Selain itu, warga juga diminta untuk memastikan telah mematikan kompor ketika meninggalkan dapur.

Di sisi lain, menurut BMKG, di musim kemarau untuk wilayah Aceh akan terjadi peningkatan pergerakan massa udara dari Benua Australia menuju Benua Asia.

Hal ini akan peningkatan angin bisa mencapai 60 km/jam.

“Terutama masyarakat pesisir barat selatan agar waspada terhadap atap rumah yang diterbangkan angin, peningkatan gelombang laut, untuk para nelayan dan pengguna jasa penyeberangan perlu waspada akan tinggi gelombang maksimum bisa mencapai di atas 3 meter,” kata Zakaria.

  • 234
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved