Menag Dengarkan Pemaparan Pantauan Hilal di Sejumlah Lokasi Indonesia

Jakarta, Mercinews.com – Sidang isbat digelar pemerintah melalui Kementerian Agama. Menag Lukman Hakim Saifuddin membuka sidang isbat kali ini.

Berdasarkan pantauan di lokasi, Kantor Kementerian Agama, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (14/6/2018), sidang dimulai pukul 17.00 WIB. Anggota Tim Hisab dan Rukyat Cecep Nurwendaya memaparkan mengenai hasil pemantauan hilal di sejumlah lokasi di Indonesia.

Baca Juga:  Menteri Agama Dijadwalkan Buka Porseni XVI di Subulussalam 

“Ini hasil dari temu kerja hisab rukyat di Grand Diara Hotel kabupaten bogor jawa barat, dan sudah di validasi pada temu kerja hisab tahun 2018 tanggal 23 sampai dengan 25 april di Sylvia Resort Komodo, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Ini secara hisab, yang kita kenal hisab itu sifatnya informasi. Sementara rukyat adalah konfirmasi,” ujar Cecep.

Baca Juga:  Kemenag Pastikan Daftar Mubalig Rujukan Bertambah

Selain Menag, hadir tokoh agama lain yakni Ketum MUI Ma’ruf Amien, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, dan perwakilan dari para tamu dan Kedutaan Besar negara Islam.

Baca Juga:  Tujuh Tempat di Aceh Jadi Lokasi Pemantauan Hilal 1 Syawal 1439H

Proses penentuan awal Syawal ini menggunakan metode hisab dan rukyat dalam penentuan awal bulan Hijriah. Hal itu sebagaimana diatur di dalam Fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor 2 Tahun 2004 tentang Penetapan Awal Ramadan, Syawal, dan Dzulhijjah.[ detikcom

  • 18
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Kategori

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved