Teruskan Proyek Sampah di Gampong Pande, Walikota Banda Aceh Dikecam

Banda Aceh, Mercinews.com – Rakyat Aceh diminta untuk sama-sama bergerak membebaskan Gampong Pande dari limbah tinja dan sampah.

Kebijakan Walikota Banda Aceh Aminullah Usman yang bersikeras meneruskan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) di kompleks makam ulama dan bekas istana kerajaan Aceh Darussalam ini juga wajib dikecam keras.

Demikian disampaikan Ketua LSM Peusaba Mawardi Usman kepada BERITAKINI.CO, Sabtu (23/6/2018).

“Ini adalah penghinaan terhadap bangsa Aceh. Bangsa Aceh harus bersatu melawan kezaliman ini,” katanya.

Baca Juga:  PBA Usulkan Gua Euek Leunti Berusia 7.400 tahun Menjadi Situs Sejarah Tsunami di Aceh

Dia mengatakan ahli Georadar Internasional dan semua ahli sejarah telah mengatakan Gampong Pande adalah situs sejarah yang harus dijaga.

“Namun Walikota malah masih mau melanjutkan Proyek PLTSa Sampah,”

Dia turut membandingkan kondisi Gampong Pande saat ini dengan sejarah perang Salib, dimana Baitul Maqdis dijadikan tempat pembuangan tinja dan sampah.

Dia menyebutkan di situs Gampong Pande terdapat reruntuhan kompleks Istana dan juga bekas Masjid Darul Makmur Gampong Pande.

Baca Juga:  Ditemukan Gua Berusia 7.400 tahun Bekas Tsunami Melanda Aceh

“Di sanalah para Raja Islam Aceh dilantik sebelum berpindah ke Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, maka kewajiban Rakyat Aceh membebaskan Gampong Pande dari kezaliman,” ujarnya.

Dia berharap semua elemen sipil di Aceh untuk turut mengerahkan kemampuan yang ada, baik materi maupun nonmateri, untuk menyelamatkan Titik Awal Kesultanan Islam di Aceh ini.

Baca Juga:  Keturunan Raja-Raja Aceh Doa Bersama di Bekas Istana Kerajaan yang Kini Jadi TPA Sampah

“Ini merupakan wibawa kita bangsa Aceh. Barangsiapa menolong agama Allah dengan sungguh-sungguh, maka Allah akan menolongnya,” kata Mawardi lagi.

Mawardi menyebutkan masih banyak tanah kosong di Banda Aceh yang dapat dijadikan sebagai lokasi proyek sampah tersebut.

“Kenapa harus di kawasan itu yang diincar. Saya ragu mereka punya maksud lain di balik ini semua, salah satunya adalah pemusnahan bukti sejarah,” kata Mawardi.

  • 59
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Kategori

Copyright © 2019 Mercinews.com. All Rights Reserved