Aceh Marathon, How are You Today di Sabang 29 Juli 2018

Banda Aceh, Mercinews.com – Aceh akan menggelar Aceh International Marathon di Sabang, 29 Juli 2018. Kabar sport tourism berskala internasional ini sudah berhembus sejak Januari 2018.

“Banyak katagori event yang digelar, seperti Full Marathon, Half Marathon, 10k Marathon, 5k Marathon, dan juga Veterans Marathon,” kata Jubir Pemerintah Aceh, Saifullah Abdul Gani (SAG), Sabtu (23/6/2018) sore.

SAG juga membenarkan, pada awal April 2018 sudah digelar Fun Run Road 5k di Jakarta sebagai pra event Aceh Marathon 2018 di Sabang. Berbagai pertemuan dengan komunitas pelari juga sudah pernah digelar, termasuk di Nagoya, Tokyo dan Kuala Lumpur.

“Dilaporkan, sambutannya cukup bagus, mereka antusias ingin ke Aceh,” tambah SAG.

Di halaman facebook Aceh Marathon, memang terkabarkan sejumlah session sharing terkait Aceh Marathon 2018 yang dilakukan oleh Steffy Burase dan Rachel Tampubolon yang disebut sebagai Ambassador Aceh Marathon 2018.

Baca juga:  Fenny Steffy Burase Jelaskan soal Aceh Marathon 2018: Biayanya Rp 13 M

Sejak Januari, jumlah peserta Aceh Marathon diprediksi mencapai 4000 peserta. Sejumlah media di Aceh ikut mengabarkan prediksi peserta yang disampaikan oleh Gubernur Aceh dalam rapat persiapan pelaksanaan Aceh Internasional Marathon 2018, di ruang kerja Gubernur, Senin (29/1/2018).

Pada saat itu, senada dengan Gubernur, Steffy Burase selaku pihak yang disebut pelaksana survey juga menyatakan bahwa kegiatan tersebut akan diikuti oleh 4.000 orang atlet dari seluruh dunia termasuk Aceh. Menurutnya Aceh memiliki potensi lokal yang akan mampu bersaing dengan pelari-pelari internasional.

“Pelari Aceh, khususnya Sabang sangat berpotensi utuk bersaing dengan pelari asing. Apalagi selama ini potensi lokal tersebut telah mendapat sentuhan tangan dingin dari pelatih marathon asala Kenya, yaiu David dan Rebecca,” kata Steffy sebagaimana diwartakan oleh media.

Baca juga:  Tersengat Aroma Suap, Event Aceh Marathon Kemungkinan Ditunda

Belum Ada Rekapnya
Jubir Pemerintah Aceh menyampaikan bahwa total jumlah peserta Aceh Marathon 2018 belum direkap. “Juli nanti kita sampaikan jumlah finalnya, sekaligus dengan rekap pelari internasional,” sebutnya.

Namun begitu, dari pendaftaran melalui Dispora dan Walikota Sabang tercatat jumlah peserta dari KODAM sudah masuk 1.500 orang, dari Polda 1.000 orang dan dari ikatan pelari ada 500 orang.

SAG menyampaikan, negara yang disasar untuk ikut dalam lomba lari pariwisata ini adalah Asia Tenggara, namun yang menunjukkan antusiasnya adalah dari Kenya, Singapore, dan Malaysia.

Baca juga:  Irwandi Yusuf Klaim Bikin Aceh Marathon karena Keluhan Jokowi

Wagub DKI Jakarta Ikut Lari di Sabang?
Disampaikan pula, ada kemungkinan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno akan ikut berlari di Aceh Marathon.

“Kemungkinan Wagub DKI Jakarta akan datang ke Aceh, beliau kan atlet, tapi belum ada konfirmasi akhir,” tambah SAG yang kembali menegaskan bahwa event lomba lari ini lebih pada mengabarkan Aceh ketimbang soal prestasi olahraganya. “Mengabarkan tentang Aceh, itu yang paling penting,” tutupnya.

Berita ini menjadi awal bagi acehtrend untuk melakukan Indepth Reporting tentang Aceh Marathon 2018 di Sabang. Kami berharap semua pihak dapat membuka diri untuk memberi semua informasi terkait sport marathon dengan total hadiah mencapai 3 miliar ini.[] aceHTrend

Berikan Komentar

Berikan Komentar Anda Disini

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Ikuti Facebook

Copyright © 2019 Mercinews.com. All Rights Reserved