GeRAK Aceh: Ini Lima Paket Proyek Abu Nawas



Banda Aceh, Mercinews.com – Gerakan Anti Korupsi (GeRAK) Aceh menyebut lima paket proyek pembangunan irigasi di Dinas Sumber Daya Air Aceh merupakan proyek Abu Nawas. Pasalnya proyek-proyek tersebut terkesan sangat dipaksakan dan tanpa perencanaan yang matang.

Adapun lima proyek tersebut yang bersumber dari dana Otsus tahun 2018, yakni Pembangunan Jaringan Irigasi D.I Lhok Naga Kabupaten Pidie dengan nilai proyek Rp 4 miliar dan pembebasan lahan Rp 960 juta, Pembangunan Jaringan Irigasi D.I Mon Seuke Pulot Kabupaten Bireuen dengan nilai proyek Rp 24,5 miliar dan pembebasan lahan Rp 36 miliar.

Kemudian Pembangunan Jaringan Irigasi Suplesi D.I Nalan Kabupaten Bireuen dengan nilai proyek Rp 13 miliar dan pembebasan lahan Rp 384 juta, Pembangunan Jaringan Irigasi D.I Gajah Rheut Kabupaten Bireuen dengan nilai proyek 35 miliar dan pembebasan lahan Rp 21 miliar serta Pembangunan Jaringan Irigasi D.I Alue Geureutut Kabupaten Bireuen dengan nilai proyek Rp 18 miliar dan pembebasan lahan 10 miliar.

Koordinator GeRAK Aceh Askhalani mengatakan tidak adanya perencanaan serta terkesan dipaksakan terlihat dari anggaran pembebasan lahan dan pembangunan dilakukan di tahun yang sama.

“Ini namanya proyek Abu Nawas, tidak mungkin dalam satu tahun ada anggaran pembebasan lahan dan fisik. Gagal paham saya melihat proyek seperti ini,” kata Askhalani kepada ajnn, Senin (2/7).

Baca Juga:  Temuan Proyek SMK Penerbangan Aceh Ingin Dilapor ke KPK,

Askhalani mempertanyakan dasar perhitungan yang digunakan untuk menyusun anggaran pembebasan lahan yang nilainya mencapai Rp 70 miliar untuk lima proyek tersebut.

“Padahal jangankan dinilai, diukur saja belum, kenapa dinas sudah bisa memutuskan berapa besaran anggaran,” ungkap Askhalani.

Ia menduga dinas terkait saat menyusun anggaran untuk pembebasan lahan menggunakan cara-cara abu nawas.

“Bisa saja yang punya lahan saja tidak mau membebaskan lahannya, kenapa dinas sudah berani memutuskan anggaran, aneh menurut saya,” kata advokat muda ini.[] ajnn

  • 172
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved