Makam Habib Bugak Dipugar, Pangdam IM Letakan Batu Pertama

Bireuen, Mercinews.com – Seusai membuka kegiatan Operasi Teritorial TNI 2018, Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) Iskandar Muda, Mayjen TNI Hafil Fuddin, melakukan peletakan batu pertama pemugaran (perbaharui kembali) makam Habib Abdurrahman bin Alwi.

Makam Habib Abdurrahman bin Alwi atau lebih dikenal dengan Habib Bugak Al-Asyi tersebut, terletak di Dusun Pante Sidom, Gampong Pante Peusangan, Kecamatan Jangka, Bireuen, Selasa 3 Juli 2018.

Kompleks makam Habib Bugak berada di areal seluas 2.000 meter persegi. Di samping makam Habib Abdurrahman terdapat 23 makam anggota keluarga atau keturunannya.

Pangdam mengatakan, pemugaran ini merupakan bagian dari kegiatan Operasi Teritorial TNI 2018 yang berlangsung selama 70 hari di 22 Desa dan 13 Kecamatan yang ada di Kabupaten Bireuen.

Baca juga:  Pengurus Cabang Olahraga Minta Pemkab Bireuen Bentuk Kembali Dispora

“Kita (TNI) Kodam Iskandar Muda akan selalu memperhatikan tempat-tempat yang bernilai dan  bersejarah. Ini merupakan bagian dari jiwa besar kita sebagai Bangsa Indonesia yang  menghargai jasa para pahlawan atau para pendahulu kita yang telah banyak berkorban dan berjuang untuk rakyatnya,” katanya.

Setelah direnovasi makam Habib Bugak Al-Asyi, Jenderal bintang dua ini berharap kepada masyarakat Gampong Pante Peusangan dan keluarga, agar selalu memperhatikan serta menjaga atau merawat tempat makam ini .

Baca juga:  PMII Unimal Salurkan Bantuan untuk Imigran Rohingya di Cot Gapu Bireuen

“Saya juga berharap makam ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua, terutama masyarakat kabupaten Bireuen,” harap Pangdam IM.

Pangdam IM mengatakan, pemugaran situs bersejarah tidak hanya dilakukan di Dusun Pante Sidom saja, namun Kodam Iskandar juga melakukan pemugaran di tempat dan lokasi situs bersejarah lainnya yang ada di Aceh.

“Semoga dengan peliharaan ini nantinya akan dapat dijadikan sebagai sarana wisata religius juga sebagai tempat yang dapat dijadikan penambahan ilmu pengetahuan, dan wawasan serta bermanfaat bagi peningkatan budaya dan  sosial kemasyarakatan,” kata Pangdam IM.

Baca juga:  Raih Juara Singer Madrasah, Miratul Hayati Tambah Medali Emas untuk Kemenag Bireuen

Usai peletakan batu pertama, Pangdam IM menanam pohon Kurma di seputaran makam Habib Abdurrahman. Dan dilanjutkan doa bersama yang di pimpin langsung oleh Habib Muhsin Bin Hatim Alhabsy.

Turut dihadiri, Kapendam IM Kolonel Kav Rusdi, S.I.P. , Asisten Teritorial Kolonel Inf Mahesa Fitriadi, S.A.P., Asisten Intelijen Kolonel Inf Hendriyadi,  Waasops Letkol Inf Hasandi Lubis, Danyon Raider Khusus 113/Jaya Sakti Mayor Hendro, unsur Forkopimda Kabupaten Bireuen dan tokoh agama, tokoh masyarakat serta keluarga dari keturunan Habib Mugak.[]

  • 328
    Shares

Berikan Komentar

Berikan Komentar Anda Disini

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Ikuti Facebook

Copyright © 2019 Mercinews.com. All Rights Reserved