Mengenang Peran dan Fungsi Radio Rimba Raya 



Tugu Radio Rimba Raya, Kabupaten Bener Meriah

Bener Meriah, Mercinews.com – Direktur Utama LPP RRI  M.Rohanuddin, bersama Bupati Aceh Tengah Drs.Shabela Abubakar, Wakil Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi, dan perwakilan dari Kementerian Pertahanan, menghadiri acara Mengenang Peran dan Fungsi Radio Rimba Raya dalam mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia saat Agresi Militer Belanda kedua 1948-1949, yang dipusatkan di Tugu Radio Rimba Raya, Kabupaten Bener Meriah, Rabu 04 Juli 2018.

Acara tersebut diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Bener Meriah dalam rangka mengenang peran dan fungsi Radio Rimba Raya yang berada di Aceh tepatnya di Kabupaten Bener Meriah dalam melanjutkan Kemerdekaan Republik Indonesia.

Wakil Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi dalam pembukaan acara menyebutkan bahwa pelaksanaan acara ini penting untuk mengenang kembali bahwa di Aceh khususnya di lokasi Tugu Rimba Raya ini pernah berperan penting dan bersejarah besar dalam keberlanjutan kemerdekaan Indonesia.

Radio Rimba Raya sebagaimana yg telah dituturkan dari kakek nenek kita, dimasa Agresi Belanda ke-2 tahun 1948-1949. Lebih lanjut Sarkawi menjelaskan, saat Presiden Soekarno dan Wakil Presiden M.Hatta ditangkap oleh Belanda, dan kemudian Belanda mengklaim Indonesia secara de facto sudah tidak ada dan kembali menjadi jajahan Belanda, hal ini disampaikan secara luas kepada dunia internasional.

Namun dengan kecerdasan seorang Kolonel Syamaun Gaharu yang telah memilih tempat yang strategis yaitu di titik dimana kita berkumpul yaitu Radio Rimba Raya mengumandangkan bahwa indonesia masih ada, indonesia masih berdaulat, dan siarannya dibuat dalam 5 (lima) bahasa disiarkan sampai ke PBB, yang saat itu sedang melaksanakan konferensi, sehingga klaim Belanda bahwa Indonesia sudah tidak ada terbantahkan.

Baca Juga:  Gayo Merdeka Ingatkan Hendra Budian Tak Ikut Campur Masalah Bener Meriah

“Semangat perjuangan inilah yang harus kita ingat, kenang dan wariskan dari generasi ke generasi, sebagaimana kalimat Presiden Soekarno agar jangan melupakan sejarah bahwa Aceh khususnya Tanah Gayo menjadi modal Kemerdekaan Republik Indonesia,” ucap Sarkawi.

Sarkawi selaku Wakil Bupati Bener Meriah pada kesempatan itu juga menyampaikan harapan kepada Pemerintah Pusat agar dapat memberikan dukungan untuk  merevitalisasi, mefungsikan serta menata kawasan monumen ini dengan baik agar dapat dijadikan ikon Kabupaten Bener Meriah bahkan juga ikon dari Aceh.

“Kita inginkan nanti adanya slogan: Belum sampai ke Gayo kalau belum sampai ke Monumen Radio Rimba Raya sebagaimana slogan belum sampai ke Sabang kalau belum sampai ke Tugu Nol Kilometer,” ujar Sarkawi.

Sementara itu, Direktur Utama LPP RRI M.Rohanuddin dalam sambutannya pada Acara tersebut menyampaikan sebuah puisi hasil karyanya sendiri yang menceritakan tentang sejarah Radio Rimba Raya dan peran pentingnya dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia pada saat Agresi Belanda ke-2 tahun 1948-1949.

“Radio Rimba Raya di tempat ini, tiba-tiba secara mengejutkan dengan suara lantang dan bertubi-tubi, mengalirkan ke seluruh magnitud darah perut bumi indonesia mengatakan dari sini Indonesia masih ada”. Demikian sepenggal bait puisi yang dibacakan Rohanuddin di depan peserta yang hadir pada acara tersebut.

Rohanuddin dalam sambutannya, juga menyampaikan, mengingat pentingnya tanah gayo bagi bangsa ini, sehingga menjadi penting untuk segera mencanangkan pada tahun ini pembangunan Stasiun Pemancar RRI di monumen Rimba Raya, yang nantinya akan disebut dengan Radio Rimba Raya.

Baca Juga:  Gayo Merdeka Ingatkan Hendra Budian Tak Ikut Campur Masalah Bener Meriah

“Saya akan menyampaikan hal ini kepada Menhan dan juga saya akan melaporkan kembali kepada Bapak presiden bahwa tanah gayo ini penting bagi bangsa ini, dan saya ingin minta kita bersama-sama bermunajat kepada Allah SWT mudah2an dalam waktu dekat ini akan hadir Stasiun RRI di tempat ini,” ungkap Rohanuddin.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan penandatangan Nota Kesepahaman tentang penataan dan pengembangan Kawasan Monumen Radio Rimba Raya yang di tandatangani oleh Bupati Aceh Tengah, Wakil Bupati Bener Meriah dan Dirut LPP RRI.[]

  • 74
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved