Ini Isi Surat dari Mendagri Untuk Penunjukan Wagub Sebagai Plt Gubernur Aceh



Banda Aceh, Mercinews.com– Kementerian Dalam Negeri akhirnya menerbitkan surat penugasan Wakil Gubernur Aceh selaku pelaksana tugas (Plt) Gubernur Aceh, Kamis (5/7/2018).

Surat bernomor 121.11/4352/SJ ini ditandatangani langsung oleh Mendagri Tjahjo Kumolo.

Penunjukan Plt Gubernur Aceh kepada Nova Iriansyah tersebut disampaikan berkenaan dengan penahanan Irwandi Yusuf (Gubernur Aceh), setelah dilakukan operasi tangkap tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 3 Juli 2018.

Hal ini berdasarkan ketentuan Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, yang telah beberapa kali diubah, terakhir dengan Undang-Undang Nomor 9 tahun 2015 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Pada ketentuan Pasal 65 ayat (3) UU tersebut menyatakan Kepala daerah yang sedang menjalani masa tahanan dilarang melaksanakan tugas dan kewenangannya.

Kemudian penunjukan Plt Gubernur ini juga mempertimbangkan Pasal 66 ayat (1) huruf c, yang menegaskan bahwa Wakil Kepala Daerah melaksanakan tugas dan wewenang kepala daerah apabila kepala daerah menjalani masa tahanan atau berhalangan sementara.

“Terkait hal tersebut di atas, maka dalam rangka menjamin keberlangsungan penyelenggaraan pemerintahan daerah, Wakil Gubernur Aceh melaksanakan tugas dan wewenang selaku Pelaksana Tugas Gubernur Aceh dengan berpedoman pada ketentuan dan peraturan perundang-undangan,” bunyi surat penunjukan Plt Gubernur Aceh tersebut,

  • 1
    Share
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved