Pendukung Najib Razak Galang Dana untuk Bayar Uang Jaminan Pengadilan

Kuala Lumpur, Mercinews.com – Para pendukung mantan perdana menteri Malaysia, Najib Razak, meluncurkan bantuan donasi. Bantuan donasi ini nantinya akan dipergunakan untuk membantu Najib membayar uang jaminan pengadilan.

Setelah didakwa di Pengadilan Tinggi pada hari Rabu, Najib membayar setengah dari uang jaminan sebesar RM1 juta. Najib diberikan waktu sampai hari Senin untuk membayar sisanya.

Pengumpulan dana diselenggarakan oleh kelompok yang menamakan dirinya Solidaritas untuk Datuk Najib.

“Kami ingin memberikan dukungan moral dan keuangan kepada Datuk Seri Najib,” kata juru bicara kelompok itu Mohd Razlan Muhammad Rafii, yang merupakan mantan kepala sayap Umno Youth di Wilayah Federal.

“Kami tahu bahwa dia telah dituntut dan jaminannya telah ditetapkan sebesar RM1 juta. Namun, Najib hanya dapat membayar RM500.000 dan untuk membayarnya, dia harus menyerahkan sertifikat kepemilikan rumahnya sebagai jaminan. Oleh karena itu kami ingin menawarkan dukungan moral dan keuangan kami kepadanya,” imbuhnya seperti disitir dari Strait Times, Jumat (6/7/2018).

Baca Juga:  Anwar Ibrahim: Saya Maafkan Najib Tapi Dia Harus Jelaskan ke Rakyat

Beberapa pendukung Najib berkumpul di rumahnya di Taman Duta kemarin untuk meluncurkan dana “Bebas Najib”, yang sejauh ini telah mengumpulkan RM11.000.

Pada hari Rabu, mantan perdana menteri Malaysia itu didakwa dengan tiga tuduhan pelanggaran kepercayaan dan salah satu penyalahgunaan kekuasaan yang melibatkan RM42 juta terkait dengan SRC International, mantan anak perusahaan dana negara 1Malaysia Development Berhad (1MDB). Najib sendiri mengaku tidak bersalah atas tuduhan itu.

Baca Juga:  Ini Nama Kabinet Mahathir, Wajah Baru Pemerintahan Malaysia

Pengadilan Malaysia telah menetapkan jaminan sebesar RM1 juta dengan dua jaminan. Pengadilan juga menyetujui pembayaran jaminan dalam dua angsuran.

Tidak diketahui berapa banyak Najib akan membayar biaya hukum, dengan pengacara mengatakan bahwa kasus itu kemungkinan akan berlangsung 18 hingga 24 bulan, dan bisa lebih lama jika ada aplikasi percakapan di antaranya.

Dia telah menyewa pengacara lokal Shafee Abdullah untuk memimpin tim pengacara yang berjumlah tujuh orang.

Sementara itu putri Najib, Nooryana Najwa, mengklaim bahwa rekening bank pribadinya dibekukan setelah ia membayar jaminan untuk ayahnya.

“Segera setelah saya mengirimkan jaminan untuk ayah saya kemarin (Rabu) dengan dana yang dikumpulkan dari teman dan kerabat, bank saya mengatakan mereka mendapatkan instruksi untuk membekukan akun pribadi saya yang saya gunakan untuk membayar biaya sekolah saya sendiri,” tulisnya di Facebook kemarin.

Baca Juga:  Sah! Mahathir Mohamad Jadi Perdana Menteri Malaysia

Nooryana mengklaim bahwa rekening bank putranya yang berusia 10 bulan juga dibekukan. Namun pihak berwenang membantah telah membekukan rekening tersebut.

Sebuah laporan berita mengatakan rekening bank putra Najib Norashman juga dibekukan.

Pada bulan Mei, polisi menggerebek enam tempat tinggal terkait dengan Najib sebagai bagian dari penyelidikan 1MDB, menyita uang dan barang senilai antara RM900 juta dan RM1,1 miliar. Uang tunai disita, dalam bentuk 26 mata uang yang berbeda, sebesar RM114 juta.[] Sindonews

  • 67
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Kategori

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved