Abusyik Tambah Syarat Baru Jika Ingin Nikahi Gadis Pidie

Sigli, Mercinews.com – Bupati Pidie, Roni Ahmad alias Abusyik Roni menambahkan syarat pemohonan pernikahan berupa surat kesehatan dari rumah sakit pemerintah.

Syarat itu dituangkan Abusyik Roni dalam Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 54 Tahun 2018 tentang pemeriksaan kesehatan calon pengantin.

“Syarat kesehatan diteken saat Abusyik Roni tengah dirawat di RSU Citra Husada Sigli,” kata Kabag Humas Setdakap Pidie, Muhammad Fadhil, Jumat (6/7/2018).

Baca Juga:  Korban Kebakaran di Pidie Hampir Setahun Tinggal di Tenda

Dengan demikian, jika seorang laki-laki ingin mempersunting perempuan Pidie, maka calon pengantin harus menyertakan surat kesehatan.

Tentu saja syarat ini juga harus dilengkapi dengan form N1 dan N2 dari Keuchiek, pas foto, fotocopy KTP calon pengantin, fotocopy KTP orang tua, KK dan akte kelahiran atau ijazah seperti biasanya.

Baca Juga:  Dua Warga yang Hanyut di Tangse Pidie Telah Ditemukan Meninggal Dunia

“Sudah ada kerjasama dengan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Pidie,” tambah Fadhil.

Dia mengatakan program ini lahir sebagai wujud membentuk generasi Pidie yang sehat secara fisik dan mental, tanpa narkoba dan HIV.

Makanya, kata dia, dinilai perlu dimulai dari angka nol sampai 1000 hari kehidupan.

Baca Juga:  Ratusan Bantuan Alat Pertanian Pidie ditumpuk dibelakang Kantor Infokom

Program ini juga akan berkelanjutan secara berkala. Dinas Kesehatan (Dinkes) juga akan menyampaikan peraturan baru tersebut, melalui aplikasi komunitas suami siaga untuk menciptakan kesehatan ibu dan anak.

“Intinya memberi pemahaman kesehatan dan identifikasi kesehatan sejak dini bagi para calon pengantin,” ujar Fadhil.

  • 1.1K
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Kategori

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved