Anggaran Aceh Marathon Capai Rp 13 Miliar

Banda Aceh, Mercinews.com – Meski Gubernur Aceh Irwandi Yusuf telah ditetapkan tersangka oleh KPK, kegiatan-kegiatan yang sudah dirancang ketika Irwandi memimpin Aceh tetap dilanjutkan. Salah satunya adalah even internasional Aceh Marathon 2018 yang dilaksanakan di Kota Sabang, pada 29 Juli ini.

Kepala Dinas Pemuda dan Olaharaga Darmansyah mengatakan even Aceh Marathon 2018 tetap akan dilanjutkan meski Gubernur Aceh Irwandi Yusuf sudah ditahan KPK. Kegiatan tersebut dibiayai oleh BPKS, Dispora Aceh dan Dispora Kota Sabang.

Baca juga:  Irwandi Yusuf Klaim Bikin Aceh Marathon karena Keluhan Jokowi

“Ada tiga sumber anggaran Aceh Marathon, yakni Dispora Aceh Rp 10 miliar, BPKS Rp 2,7 miliar, dan Dispora Sabang Rp 300 juta,” ungkap Darmansyah dalam jumpa pers, Jumat (6/7).

Ia menjelaskan seluruh mata anggaran yang berada di Dinas Disporas Aceh tidak menggunakan tender, tapi penunjukkan langsung (PL). Pasalnya hampir semua paket dalam bentuk kecil-kecil, sehingga tidak mungkin ditender.

“Semua PL, untuk hadiah itu Rp 3 miliar, selebihnya untuk persiapan-persiapan, misalnya biaya transportasi, biaya surve lokasi, biaya rapat, dan lain-lain,” jelasnya.

Baca juga:  Kadispora: Panitia tak Bisa Selenggarakan Aceh Marathon Tanpa Baju dan Medali

Selain itu, ia memastikan bahwa kegiatan tersebut tidak menggunakan Event Organizer (EO). Namun hanya menggunakan tenaga ahli yakni Steffy Burase.

“Tenaga ahli banyak kami gunakan, karena kami perlu orang yang paham dengan olahraga marathon, ibu Steffy itu atlit lari 42 Km, jadi sudah sangat paham dengan kegiatan seperti yang kami lakukan ini,” kata Darmansyah.

Baca juga:  Terima Email Aceh Marathon Ditunda, Peserta Minta Uang Pendaftaran Dikembalikan

Ketika ditanyai terkait adanya uang suap yang dibayarkan untuk pembelian medali dan baju, Darmasyah mengaku kalau itu di luar prosedur kedinasan dan tidak ada kaitannya dengan Dispora Aceh.

“Itu di luar kedinasan saya tidak paham, untuk anggaran pembelian baju dan medali itu anggarannya di BPKS, bahkan sudah ditender dan sudah ada pemenang. Kalau kedinasan harus ada bukti-bukti yang lengkap terkait pengeluaran uang,” ungkapnya.[]

  • 57
    Shares

Berikan Komentar

Berikan Komentar Anda Disini

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Ikuti Facebook

Copyright © 2019 Mercinews.com. All Rights Reserved