Pang Sumatera: Kini PA dan PNA Sama-sama Dalam Posisi Kalah



Banda Aceh, Mercinews.com – Mantan pimpinan GAM wilayah Sumatera, Budi Satria, mengajak seluruh jajaran eks kombatan untuk mengedepankan persaudaraan dan kops organisasi. Dirinya berharap eks kombatan bisa bersatu padu untuk menjaga kekhususan dan keistimewaan Aceh yang tak kunjung dipenuhi hingga 13 tahun damai.

“Na tugas yang belum selesai. Bek sibok meupakee sabee keudroe droe,” kata pria yang akrab disapa Pang Sumatera.

“Jangan menghabiskan energi untuk hal-hal yang tidak perlu, seperti berdebat di media sosial,” ujar pria berbadan kekar ini lagi.

Ditangkapnya Gubernur Irwandi Yusuf oleh KPK, kata Pang Sumatera, hendaknya menjadi pelajaran penting bagi seluruh eks kombatan GAM.

“Kita harus mengambil hikmah dari musibah ini. Bagaimanapun beliau mantan petinggi GAM. Pernah berjuang bersama-sama. Kasus yang menimpa Bang Wandi jangan disambut secara sukacita karena beda partai. Jangan juga membela secara berlebihan. Karena yang diajarkan oleh Wali Hasan Tiro, bahwa ikuti perjuangan dan bukan ikut orang,” ujar Pang Sumatera.

“Dalam hukum agama pun demikian. Tak ada satupun ayat yang meminta kejahatan dibalas dengan kejahatan. Cukup mengambil hikmah dari setiap kejadian, menyesal dan kemudian memperbaiki diri serta barisan,” katanya.

Pang Sumatera meminta seluruh eks kombatan untuk merenungi rentetan kejadian di Aceh pasca damai.

“Plus minus. Apa cita-cita kita untuk damai? Apa yang terjadi? Mengapa kita bisa terpecah bela dan apa sebabnya. Mengapa kita tidak menghilangkan sedikit ego untuk kembali memperbaiki barisan. Masih belum terlambat untuk menguatkan persatuan dan bergerak sama,” ujarnya.

Baca Juga:  KPA Sagoe Sungai Raya Aceh Timur Lanjutkan Program Bantu Syedara

“GAM disegani karena solid. Saat terpecah belah seperti sekarang, jangankan pemerintah pusat, rakyat sendiri mulai ragu dengan kita. Kini PA PNA sama sama dalam posisi kalah. Saat saat seperti inilah mungkin upaya persatuan eks kombatan bisa terwujud,” kata Pang Sumatera.[] Mediaaceh

  • 1.4K
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved