Kesepakatan Gencatan Senjata Dicapai, Ribuan Pengungsi Suriah Kembali ke Rumah



Ribuan pengungsi Suriah kembali ke rumah di bagian selatan Suriah. Foto/Reuters

Damaskus, Mercinews.com – Ribuan pengungsi Suriah kembali ke rumah mereka setelah pemberontak dan pemerintah mencapai kesepakatan gencatan senjata di bagian selatan Suriah. Kesepakatan ini dicapai setelah terjadinya pertempuran sengit antara pemberontak dan pemerintah Suriah selama dua pekan terakhir.

Berdasarkan perjanjian gencatan senjata itu, pemberontak akan menyerahkan wilayah yang mereka duduki di rovinsi Daraa dekat perbatasan Yordania dan menyerahkan senjata berat yang mereka.

“Situasi tenang menyelimuti wilayah itu ketika kedua pihak menyelesaikan perjanjian gencatan senjata,” kata kepala Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, Rami ABdel Rahman dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Al Arabiya pada Minggu (8/7).

“Orang-orang sudah mulai kembali ke rumah mereka sejak kemarin, mengambil keuntungan dari ketenangan. Lebih dari 20 ribu orang telah kembali ke rumah sejauh ini, menuju daerah-daerah di mana sebuah kesepakatan telah dicapai di pedesaan di tenggara Daraa tenggara. Tetapi masih banyak takut untuk kembali ke daerah yang dikuasai rezim, takut anak-anak mereka akan ditangkap,” sambungnya.

Dia lalu menuturkan, perjanjian gencatan senjata itu mengikuti serangkaian kesepakatan serupa dengan pemberontak di wilayah lain di Suriah.

Bila pasukan pemerintah sukses merebut Daraa, maka akan menjadi kemenangan simbolis bagi Presiden Suriah, Bashar al-Assad. Provinsi itu adalah tempat permulaan pemberontakan terhadapnya tujuh tahun lalu yang menyebabkan perang sipil.[]

  • 30
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved