Angin Kencang Sebabkan Kerusakan di 6 Kecamatan di Bireuen



Bireuen, Mercinews.com – Angin kencang (puting beliung) disertai hujan deras terjadi di wilayah Bireuen, Senin (9/7/2018) sekitar pukul 15.50 WIB.

Sedikitnya enam kecamatan dilaporkan mengalami kerusakan seperti rilis yang dikirim Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA).

Adapun sejumlah kecamatan yang mengalami dampak seperti Peudada, Kuala, Gandapura, Juli, Samalanga, dan Kota Juang.

Data rinci yang diterima dari BPBD menyebutkan di Peudada dilaporkan tiga bangunan tempat usaha rusak di bagian atapnya. Satu bangunan yang rusak tersebut dimanfaatkan sebagai usaha warung kopi milik Suhaiman (30), di Simpang Peunayong, Bireuen.

Selanjutnya warkop milik Maskur (25) di Gampong Mulia juga rusak akibat angin kencang yang melanda kawasan Aceh tadi. Begitu pula dengan kedai ayam potong milik Hamdani (60) yang berada di Meunasah Baro, juga dilaporkan rusak.

Masih menurut data BPBA disebutkan di Kecamatan Kuala sedikitnya tiga rumah rusak berat. Satu unit rumah rusak karena tertimpa pohon milik Fathiah, dan satu unit milik Abdul Muthaleb (43). Keduanya berada di Gampong Kuta Baro.

Angin kencang juga merusak dapur rumah Hamamah di Desa Cot U Sibak, Bireuen.

Di Gandapura, tepatnya di jalan negara Desa Cot Puuk dilaporkan satu pohon asam Jawa tumbang dan menimpa kabel milik PT Telkom.

Sementara di Kecamatan Juli, angin merusak bagian atap rumah Rusmiah M Yusuf (45). Di Sangso, Kecamatan Samalanga, angin kencang juga merusak tempat usaha stiker berkonstruksi kayu.

Baca Juga:  Ada Pohon Tumbang di Lintasan Banda Aceh-Medan Sebabkan Kemacetan Panjang

Pohon tumbang akibat kencang yang melanda kawasan pesisir Aceh sejak siang tadi juga menyebabkan rumah rusak di Desa Meunasah Blang akibat tertimpa pohon.

“Bangunan rata-rata rusak bagian atap,” kata Kepala BPBA T Ahmad Dadek

Hingga berita ini ditayangkan belum ada korban jiwa akibat cuaca buruk yang melanda Aceh awal pekan ini.

Saat ini, petugas badan penanggulangan bencana terus mendata kondisi terakhir di wilayah tugas masing-masing.

  • 67
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved