Khusus Parlok, Kuota Bacaleg Tetap 120 Persen di Pemilu Legislatif 2019



Banda Aceh, Mercinews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyebutkan kuota 120 persen dari jumlah kursi pada setiap daerah pemilihan untuk partai politik lokal Aceh tetap diberlakukan di Pemilihan Umum Legislatif 2019.

Hal ini disampaikan dalam surat KPU yang ditandatangani langsung Ketua Arief Budiman, Senin (9/7/2018).

Dalam surat berjudul penjelasan jumlah pengajuan bakal calon Anggota DPRA dan DPRK tersebut, Arief Budiman mengatakan persetujuan kuota 120 persen ini berdasarkan Pasal 80 UU Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh.

Persetujuan jumlah kuota ini juga berdasarkan Pasal 15, Pasal 16 dan Pasal 17 Qanun Aceh Nomor 3 tahun 2018, tentang partai politik lokal peserta pemilihan umum DPRA dan DPRK.

Mengenai hal ini, Ketua DPRA Teungku Muharuddin mengaku telah menerima salinan surat tersebut dalam bentuk soft copy.

“Tapi fisiknya belum saya cek ulang, apakah sudah dikirim atau belum,” kata Muharuddin.

Dia bersyukur atas diterimanya pendapat DPRA dan DPRK di Aceh terkait kuota 120 persen tersebut.

Muharuddin mengatakan dalam pertemuan yang berlangsung di Kantor KPU RI tersebut, pihaknya sebenarnya juga memperjuangkan jumlah kuota yang sama untuk partai nasional.

“Tetapi mereka mengacu pada qanun, yaitu diberikan kuota 120 persen saja,” kata Muharuddin, yang mengaku menerima salinan soft copy tersebut waktu Maghrib tadi.

  • 64
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved