Zaiyana Putri, Tim Asistensi Nova Iriansyah yang Ingin Majukan Perempuan Aceh

Banda Aceh, Mercinews.com – Tidak banyak yang mengenal nama Zaiyana Putri, perempuan asal Pidie yang fokus pada pendidikan. Namun belakangan dia mulai disebut-sebut di kalangan birokrasi pemerintah Aceh, karena dialah “dosen” yang kini menjadi salah seorang tim asistensi Wakil Gubernur Aceh, Ir. Nova Iriansyah, MT.

Bicara masalah pendidikan, Zaiyana Putri, S.Pd, M.Pd, tak pernah merasa canggung. Dia akan menggebu, apalagi bila bicara masalah guru, Putri, begitu Zaiyana disapa, semangatnya kian memuncak. Maklumlah Putri adalah perempuan yang sudah melakukan penelitian tentang “Strategi peningkatan kompetensi guru”.

Baca Juga:  26 Siswa Aceh Bakal Diterbangkan ke Provinsi Papua

“Guru harus professional development, untuk itu guru harus diberi pelatihan untuk peningkatan kompetensi,” Kata perempuan muda kelahiran Desa Bilie Pidie, 18 Juli 1990 silam.

Masalah kompetensi guru, Putri menyebut untuk pencapaian itu guru perlu mendapat apresiasi atas kinerja dan motivasinya.

Bukan hanya soal guru, Putri juga lebih jauh ingin bekerja membuka peluang luas kepada perempuan Aceh untuk bisa berprestasi di segala bidang, karena, kata Putri, peluang prestasi itu harus dibuka, termasuk pola dan cara dari mana harus mereka mulai.

Baca Juga:  PKS Aceh Siap Deklarasikan Tagar #2019gantipresiden di Banda Aceh

“Zaman sekarang banyak perubahan yang harus ada penyesuaian, termasuk kebebsan perempuan untuk berprestasi,” jelasnya.

Menurut Putri, saat ini di Aceh sangat banyak perempuan yang mendapat pendidikan formal hingga sarjana, tapi kemudian tidak termanfaatkan secara baik, sehingga perempuan menjadi pendamping suami dan menjaga anak semata. Padahal, banyak celah yang bisa dimanfaatkan, seperti berfikir kreatif soal peluang kerja di kampungnya.

Baca Juga:  Cuaca di Aceh 34-35 Derajat Celcius Lahan Kosong di Samping Hotel Hermes Terbakar

“Perempuan bisa membuka peluang kerja bila ilmu yang dimiliki digunakan secara baik. Tidak mudah menjadi PNS di Aceh, yang memungkinkan adalah memakai ilmu pengetahun dan mulailah berwiraswasta,” ujar ibu satu puteri ini.[] acehtrend

  • 249
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Kategori

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved