KPK Sudah Surati 15 Saksi Dari Pemerintah Aceh dan Swasta Terkait OTT



Banda Aceh, Mercinews.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mengirimkan surat panggilan kepada 15 orang saksi terkait kasus Dana Otonomi Khusus Aceh 2018.

Para saksi yang dipanggil berasal dari unsur pemerintahan dan swasta di Banda Aceh dan Bener Meriah.

“Jadwal pemeriksaan akan kami informasikan lebih lanjut. Kami harap para saksi hadir di pemeriksaan tersebut. Karena keterangan saksi akan membuka tabir yang selama ini mungkin belum diketahui terkait dengan adanya dugaan korupsi dalam alokasi DOK Aceh ini,’ kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, Rabu (11/7/2018).

Dia mengatakan dengan pengungkapan itu akan ada titik terang bagaimana masyarakat Aceh bisa dirugikan karena praktek korupsi yang ada.

Selain itu, kata Febri, hadir memenuhi panggilan penyidik dan menjelaskan informasi yang benar adalah kewajiban hukum.
“Kejujuran para saksi dalam memberikan keterangan akan membantu penanganan perkara ini,” kata Febri lagi.

Seperti diketahui, KPK telah menetapkan empat orang tersangka dalam kasus dugaan suap ijon proyek infrastruktur yang bersumber dari dana otsus 2018 ini.

Mereka adalah Gubernur Aceh non aktif Irwandi Yusuf, Bupati Bener Meriah non aktif Ahmadi, Hendri Yuzal, dan TSB (Syaiful Bahri).

Selain itu, KPK juga melarang Nizarli, Fenny Steffy Burase, Rizal Aswandi, dan Teuku Fadhilatul Amri bepergian keluar negeri. Keempat orang ini ditetapkan sebagai saksi dalam kasus yang sama.

Baca Juga:  Irwandi Yusuf Merasa Dijebak: Banyak yang Jual Nama Saya di Aceh

KPK juga telah melakukan penggeledehan di sejumlah tempat untuk mencari bukti-bukti dugaan suap tersebut, seperti kantor Gubernur Aceh, pendopo Gubernur Aceh, rumah Irwandi Yusuf, pendopo Bupati Bener Meriah, Kantor ULP Aceh, Kantor PUPR Aceh, Kantor Dispora Aceh, dan Kantor PUPR Bener Meriah.

Dalam pemeriksaan tersebut, KPK menemukan sejumlah dokumen penting yang memperkuat dugaan dugaan suap ijon proyek infrastruktur yang bersumber dari dana otsus 2018 ini.

  • 93
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved