Steffy Burase Akan Dipanggil KPK Soal Suap Gubernur Aceh Pekan Depan

Jakarta, Mercinews.com – KPK rencananya memeriksa saksi yang dicegah ke luar negeri di kasus dugaan suap Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf pekan depan. Salah satu saksi yang dicegah itu adalah Steffy Burase.

“Sudah diagendakan pemeriksaan terhadap saksi yang dicegah ke luar negeri. Direncanakan minggu depan. Sebelumnya tentu disampaikan panggilan secara patut,” kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Rabu (11/7/2018).

Baca Juga:  Ditangkap KPK, Irwandi Yusuf Punya Harta Rp 14,83 Miliar

Selain Steffy, ada 3 saksi lain yang juga telah dicegah KPK yaitu Nizarli, Rizal Aswandi, dan Teuku Fadhilatul Amri. Namun menurut Febri, ada total 15 saksi yang telah dikirimi surat panggilan.

“KPK telah mengirimkan surat panggilan pada sekitar 15 orang saksi dari unsur pemerintahan dan swasta di Banda Aceh dan Bener Meriah. Jadwal pemeriksaan akan kami informasikan lebih lanjut. Kami harap para saksi hadir di pemeriksaan tersebut,” tutur Febri.

Baca Juga:  KPK Duga Bupati Bener Meriah Kumpulkan Uang Suap dari Pengusaha

Selain itu, KPK turut melakukan penggeledahan di Aceh hari ini. Kali ini yang digeledah adalah Dinas Pendidikan dan Kesehatan Aceh.

“Sejak pukul 10.00 WIB tadi, penyidik KPK melakukan penggeledahan di Dinas Pendidikan dan Kesehatan Aceh. Sejauh ini ditemukan dokumen-dokumen proyek seperti Dokumen Pelaksanaan Anggaran Dinas Kesehatan Aceh dengan nilai Rp1,15 triliun,” ujarnya.

Dalam perkara ini, KPK menetapkan Irwandi sebagai tersangka penerima suap. Dia diduga menerima suap dari Bupati Bener Meriah nonaktif Ahmadi, yang turut menjadi tersangka.

Baca Juga:  KPK Minta Mantan Jubir GAM Australia Hormati Proses Hukum

Duit suap sejumlah Rp 500 juta yang diduga diterima Irwandi itu disebut akan digunakan untuk kegiatan Aceh Marathon 2018. Selain itu, ada dua orang swasta lainnya yang juga ditetapkan sebagai tersangka. Keduanya adalah Hendri Yuzal dan Syaiful Bahri.
(detikcom)

  • 398
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Kategori

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved