Yunani Dilaporkan Usir Dua Diplomat Rusia, Dua Lainnya Dicekal



Athena, Mercinews.comYunani dilaporkan telah mengusir diplomat asal Rusia dengan tuduhan kegiatan ilegal dan campur tangan yang merusak keamanan nasional. Begitu bunyi laporan surat kabar Kathimerini, yang mengutip sumber diplomatik.

Menurut surat kabar itu dua diplomat Rusia diusir dari Yunani dan dua lainnya dilarang memasuki negara itu.

“Athena menuduh diplomat Rusia berupaya mengumpulkan dan menyebarkan informasi, serta menyuap pejabat pemerintah,” kata artikel itu seperti dikutip dari Sputnik, Rabu (11/7/2018).

Sumber yang sama mengklaim bahwa Yunani ingin mempertahankan hubungan baik dengan Rusia, mempromosikan persahabatan antara kedua negara, dan kerja sama antar pemerintah dan aktor masyarakat sipil di kedua belah pihak. Namun ini bisa dilakukan hanya atas dasar paritas dan saling menghormati kedaulatan dan kemerdekaan kedua negara, catatan surat kabar.

Kathimerini menulis bahwa Athena selalu sangat berhati-hati dalam hubungannya dengan Moskow. Ini terlihat saat insiden Skripal di Salisbury, Inggris. Yunani ketika itu tidak mengikuti negara-negara Barat lainnya yang dengan tergesa-gesa mengusir para diplomat Rusia.

Laporan itu mengklaim bahwa telah ada upaya oleh Rusia untuk campur tangan dalam masalah-masalah nasional yang sangat sensitif dan mendukung kepentingan Yunani di Balkan, khususnya yang berkaitan dengan masalah nama Makedonia.

“Sumber-sumber diplomatik mencatat bahwa keputusan Athena secara eksklusif mengacu pada tindakan empat orang ini, dan bukan sikap baik Yunani secara keseluruhan terhadap Rusia,” artikel itu berbunyi. Pemberitaan tersebut mengutip sumber yang mengatakan bahwa setiap “tanggapan” dari pihak Rusia akan menyebabkan sikap balasan lebih lanjut.[] Sindonews

  • 10
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved