Dinas PUPR Aceh Alokasikan Rp 95 Miliar untuk Biayai 26 Kegiatan DOKA di Bireuen



Banda Aceh, Mercinews.com – Dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Aceh tahun anggaran 2018, Kabupaten Bireun mendapatkan alokasi belanja barang yang diserahkan kepada pemerintah kabupaten berdasarkan usulan dari kabupaten (DOKA) sebesar Rp 41,785 miliar.

Alokasi anggaran ini digunakan untuk membiayai sebanyak 9 kegiatan pembangunan jalan dengan pagu Rp 26,473 miliar, kemudian 7 kegiatan pemeliharaan jalan dengan anggaran sebesar Rp 13,402 miliar, pembiayaan pembangunan jembatan Gampoeng Seuneubok Praden Kecamatan Juli dengan pagu Rp 776 juta dan biaya pengawasan sumber dana DOKA sebesar Rp 1,132 miiar.

Seluruh program serta kegiatan yang diusulkan Kabupaten Bireun tersebut, diduga tidak memiliki dokumen perencanaan seperti Detail Enginering Design (DED) ketika pengusulannya dilakukan.

Berdasarkan DPA PUPR Aceh, Kabupaten Bireun merupakan satu-satunya kabupaten di provinsi Aceh yang mendapatkan alokasi belanja barang yang diserahkan kepada pemerintah kabupaten prioritas pembangunan Aceh yang bersumber dari dana otonomi khusus Aceh.

Alokasi belanja barang prioritas pembangunan Aceh untuk Kabupaten Bireun ini jumlahnya sebesar Rp 36,298 miliar. Anggaran tersebut digunakan untuk membiayai peningkatan jalan Punjot – Pante Paku Kecamatan Jangka dengan pagu Rp 13 miliar, peningkatan jalan Ulee Ceue – Punjot Kecamatan Jangka dengan anggaran Rp 3,7 miliar dan peningkatan jalan Keude Kuta Blang – Tingkeum Manyang Kecamatan Kuta Blang dengan pagu sebesar Rp 805 juta.

Baca Juga:  Dukung DPRA Revisi Qanun Otsus, Bupati-Wali Kota di Aceh Ingin Pembagian 50:50

Kemudian alokasi anggaran prioritas pembangunan tersebut juga digunakan untuk pembiayaan pemeliharaan berkala jalan Krueng Tingkeum – Pante Baroe Kecamatan Kuta Blang dengan pagu sebesar Rp 8,815 miliar dan pembiayaan pemeliharaan berkala jalan Tingkeum Manyang – Mon Meulayu Kecamatan Kuta Blang dengan anggaran Rp 9,978 miliar.

Selain itu, untuk pembiayan kegiatan sumber dana Otsus Aceh, Bireun mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp 17,2 miliar. Digunakan untuk untuk pembiayaan lanjutan pembangunan jembatan Awee Geutah dengan pagu Rp 14 miliar dan lanjutan pembangunan jembatan Namploh dengan anggaranya sebesar Rp 2 miliar.

Untuk membiayai pengawasan terhadap paket-paket pekerjaan yang berasal dari sumber dana Otsus Aceh tersebut, dialokasikan anggaran sebesar Rp 1,2 miliar yang juga bersumber dari dana Otsus Aceh.[] ajnn.net

  • 123
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved