Karimun: Mendagri akan Lantik Komisioner KIP Aceh Hasil Seleksi DPRA



Banda Aceh, Mercinews.com –  Mendagri dikabarkan akan segera melantik anggota Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh yang baru. Informasi ini disampaikan Ketua PDIP Aceh Karimun Usman, Rabu (11/7/2018).

Karimun mengatakan, hal itu diketahuinya usai bertemu langsung dengan Mendagri Tjahjo Kumolo di Jakarta, Senin, 9 Juli 2018.

“Usai penyerahan surat tugas Plt Gubernur Aceh, saya menemui pak menteri dan menyampaikan ihwal berlarutnya proses pelantikan komisioner KIP Aceh tersebut. Menurut Karimun, pelantikan akan dilakukan dalam waktu dekat. Mungkin dalam minggu ini,” katanya pada Beritakini Rabu malam (11/7/2018).

Dia mengatakan, hal itu dilakukan untuk menghindari kontroversi regulasi berkepanjangan. Dimana awalnya Irwandi Yusuf, saat ini gubernur Aceh nonaktif, tak mau melantik anggota KIP Aceh terpilih tersebut karena dinilai berbenturan dengan qanun Aceh.

Sehingga situasi ini memicu perselisihan dengan DPRA. Alhasil, KPU pun mengambil alih KIP Aceh.

Namun saat ini situasi telah berubah. Irwandi Yusuf sendiri saat ini telah berhalangan sementara lantaran terjerat kasus dugaan suap dan telah ditangkap KPK.

“Jadi untuk menghindari terlalu lama KPU mengambil alih KIP Aceh, sementara tugas KPU sangat banyak dan padat, maka jika tidak halangan dalam Minggu ini Pak Menteri sendiri yang akan melantik,” katanya.

Mendagri sendiri, kata Karimun, juga tidak menginginkan Aceh terus menerus berada dalam kemelut regulasi. Apalagi saat ini tahapan pemilu sudah berjalan.[] Beritakini.co

  • 106
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved