Darwati A Gani Temui Elit PDIP, Hasto Kristiyanto: KPK Tidak Bisa Diintervensi



Banda Aceh, Mercinews.com – Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto menyarankan Darwati A Gani untuk mencari pengacara yang baik dan yang tahu tata cara di KPK.

“Jadi tidak sembarang orang yang hanya korupsi biasa, pengacara hanya hukum pidana biasa, tapi orang yang betul-betul sudah tahu bagaimana beracara tentang, apa namanya, dengan KPK terhadap orang-orang yang disangka korupsi,” ungkap Ketua PDI Perjuangan Aceh, Karimun Usman kepada Beritakini Rabu (11/7/2018) malam.

Dia mengatakan, hal tersebut disampaikan Sekjen PDI Perjuangan Hasto saat ditemui Darwati di Jakarta, Senin (9/7/2018) lalu.

Saat itu, Darwati berhasil menemui elit PDI Perjuangan setelah dijembatani Karimun Usman.

Permintaan ini, kata Karimun, disampaikan Darwati saat dirinya menyambangi kediaman Irwandi pasca KPK membawanya ke Jakarta.

“Saya waktu itu menyarankan supaya sebelum 20 hari ini segera mengajukan praperadilan. Jadi saya bilang, karena kita menghormati asas praduga tak bersalah itu kepada semua orang, termasuk Irwandi,” kata Karimun.

Baca: Diperiksa KPK, PDIP Ogah Bantu Irwandi

Dalam pertemuan tersebut, Darwati juga meminta Karimun untuk memfasilitasi pertemuannya dengan Megawati atau elit PDI Perjuangan di Jakarta untuk membicarakan kasus tersebut.

“Sebagai partai pengusung, saya kan harus menyampaikan kepada pimpinan. Bu Darwati ingin bertemu (pimpinan) ya saya pertemukan,” kata Karimun.

Dalam pertemuan tersebutlah Hasto menyarankan Darwati mencarikan pengacara handal untuk menangani kasus Irwandi Yusuf.

Baca Juga:  Ketua PDIP Aceh Sesalkan Cara KPK Boyong Irwandi ke Bandara Pakai Baracuda

Karimun mengatakan semua pihak kaget, termasuk Hasto Kristiyanto dan elit PDI Perjuangan yang ada di Jakarta.

Meskipun demikian, PDI Perjuangan tidak dapat membantu Irwandi Yusuf secara optimal. Apalagi jika sampai mengintervensi KPK.

“Sebab kita tahu, partai juga tahu, Hasto tahu, menyatakan bahwa karena masalah KPK memang, tidak seorangpun yang dapat mengintervensi termasuk presiden. Apalagi Megawati sebagai seorang ketua partai. Jadi tidak seorang pun yang bisa mengintervensi,” ungkap Karimun,[] Beritakini

  • 237
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved