Aceh Terus Bergegas Pemberdayaan TIK untuk Pendidikan 

Syarbaini, M.Si

Banda Aceh, Mercinews.com -Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terus berkembang pesat.Itu sebabnya, Dinas Pendidikan Aceh terus bergegas melakukan pemberdayaan TIK untuk pendidikan, terutama dalam proses pembelajaran di sekolah.

“Tidak perlu takut menghadapi dan memanfaatkan teknologi, hanya saja kita harus cerdas dalam me-manage teknologi.Sehingga, benar-benar memberi nilai tambah dalam upaya peningkatan kinerja dan produktifitas pendidikan, jika tidak kita bisa menjadi korban dari teknologi itu,” ujar Kepala UPTD Balai Tekkomdik Aceh, Syarbaini, M.Si atas nama Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Rabu (11/07/2018) malam, di Banda Aceh.

Hal itu disampaikan Kadisdik Aceh saat membuka Rapat Koordinasi Teknis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), yang diselenggarakan oleh UPTD balai Tekkomdik Aceh, yang berlangsung sejak Rabu hingga Jum’at (11-13/07/2018), di Banda Aceh.

Baca Juga:  32 Klub Perebutkan AMBC Piala Gubernur Aceh dan Piala Tetap Kadisdik Aceh

Dikatakan, pemberdayaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk pendidikan akan berhasil apabila didukung oleh sumberdaya manusia yang handal dan kompeten sebagaimana diamanahkan dalam Peraturan Pemeritah Nomor 19 Tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan dan Qanun Aceh Nomor 9 Tahun 2015 terkait penyelenggaraan pendidikan.

“Dinas Pendidikan Aceh tentunya akan menjadikan peningkatan mutu pendidikan sebagai salah satu program prioritas yang didukung dengan pemanfaatan TIK.Komitmen kita adalah bagaimana dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi pendidikan Aceh bisa bersaing dan bersanding dengan pendidikan di provinsi lain, bahkan di negara lain yang telah lebih dulu maju di bidang pemanfaatan TIK,” katanya.

Menurutnya, untuk mencapai prestasi terbaik, tidak mungkin diperoleh dengan hanya berpangku tangan.Perubahan itu, katanya lagi, hanya bisa dicapai dengan program-program konkrit disertai kerja keras semua pihak.

Baca Juga:  MB Gita Handayani Akan Berlaga di Piala Raja Hamengku Buwono 2018

“Program dan kerja keras inilah yang harus kita tingkatkan secara berkesinambungan, termasuk untuk peningkatan kapasitas guru di seluruh Aceh.Untuk itu, kami menghimbau kepada seluruh guru dan juga peserta didik agar senantiasa meningkatkan kompetensi agar kita siap menghadapi persaingan,” lanjutnya.

Ia mengajak untuk bersama-sama bergerak cepat meningkatkan kualitas pendidikan Aceh di semua jenjang.Dirinya percaya dan meyakini dengan potensi yang ada disertai kerja keras semua pihak.

“Pemanfaatan TIK pendidikan kita yakini akan mampu mempercepat upaya peningkatan kapasitas personil guru yang pada akhirnya mampu meningkatkan mutu pendidikan di Aceh,” ajaknya seraya menambahkan.

Baca Juga:  11 Guru Madrasah Wakili Aceh pada Anugerah Guru Berprestasi Tingkat Nasional

Kasi Pengembangan Aplikasi TIK UPTD Balai Tekkomdik Aceh, Drs. Anwar M. Isa, M.Si, menyampaikan rakornis tersebut dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta kreatifitas guru dalam kegiatan pembelajaran dengan pemanfaatan fasilitas TIK.

“Adapun peserta rakornis ini adalah para Kepala SMA sederajat di seluruh Aceh yang berjumlah sebanyak 92 orang.Nah, agar rakornis berlangsung optimal, kita juga menghadirkan narasumber dari Pustekkom Kemdikbud,” terangnya menyebutkan.[]

Keterangan Foto :

Kepala Dinas Pendidikan Aceh, diwakili Kepala UPTD Balai Tekkomdik Aceh, Syarbaini, M.Si, pada pembukaan Rapat Koordinasi Teknis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).Kegiatan tersebut akan berlangsung sejak Rabu hingga Jum’at (11-13/07/2018), di Banda Aceh.

  • 20
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Kategori

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved