YARA Minta Plt Gubernur Batalkan Even Internasional Aceh Marathon

Banda Aceh, Mercinews.com – Ketua Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA), Safaruddin, meminta Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah membatalkan pelaksanaan even internasional Aceh Marathon 2018 yang dilaksanakan di Kota Sabang. Hal ini terkait dengan adanya penangkapan Gubernur Aceh Nonaktif, Irwandi Yusuf oleh Komisi Pemeberantasan Korupsi (KPK) yang tertangkap tangan dan kasusnya terkait dengan even tersebut.

“Pihak yang terlibat dalam even ini seperti Steffy Burase sebagai tenaga ahli yang ditunjuk oleh Dinas Pemuda dan Olah Raga Provinsi Aceh juga telah dicekal ke luar negeri oleh KPK, dan adanya penggeledahan kantor Dispora oleh KPK yang telah menyita berbagai dokumen, apakah termasuk dokumen tentang Aceh Marahton kita belum tahu, tetapi even ini sangat berkaitan erat dengan kasus OTT Irwandi Yusuf,” sebut Safar.

Baca juga:  Irwandi Yusuf Klaim Bikin Aceh Marathon karena Keluhan Jokowi

Safar menilai tidak ada urgensi terhadap pelaksanaan event itu, lebih baik anggaran yang telah dialokasikan tersebut dialihkan untuk membantu masyarakat yang saat ini masih dalam kondisi kemiskinan akut di Aceh, atau pun dialihkan untuk membangun rumah dhuafa dan anak yatim di Aceh.

Baca juga:  YARA Tantang Kepala Biro Hukum Laksanakan Qanun Bendera dan Lambang Aceh

“Dari awal kami melihat, event ini sangat dipaksakan, seakan akan dengan event yang menghabiskan anggaran yang sangat besar akan memberikan keuntungan yang besar bagi Aceh, bahkan sampai saat ini tidak ada pun tanda-tanda bahwa event tersebut diminati secara besar-besaran baik oleh atlet dalam negeri maupun luar negeri,” karta Safar.

Safar menyebutkan, dengan anggaran sebesar itu yang dialokasikan oleh beberapa instansi, pihaknya tidak melihat prediksi keuntungan Aceh dari event itu. Dia menilai acara ini hanya menghamburkan uang saja, tidak pantas sebagai daerah yang termiskin di sumatera tapi melakukan kegiatan yang tidak bermanfaat bagi masyarakat.

Baca juga:  Bendera Bulan Bintang Dikibarkan di Kantor YARA Gampong Keuramat

“Kami meminta kepada Plt Gubernur Aceh agar membatalkan saja event ini dan lebih fokus pada program pemberdayaan ekonomi masyarakat yang saat ini sangat membutuhkan dukungan dari pemerintah dari berbagai sektor,” katanya.

  • 64
    Shares

Berikan Komentar

Berikan Komentar Anda Disini

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Ikuti Facebook

Copyright © 2019 Mercinews.com. All Rights Reserved