Gajah yang Mati di Areal PT Bumi Flora Aceh Timur Diduga Diracun

Idi, Mercinews.com – Tim gabungan telah melakukan nekropsi (bedah) terhadap gajah yang di temukan mati di Afdeling VI PT Bumi Flora, tepatnya di Gampong Jambo Reuhat, Kecamatan Banda Alam, Kabupaten Aceh Timur, Jumat (13/7/2018).

Tim gabungan yang tediri dari unsur Polsek Banda Alam, BKSDA Aceh, INAFIS dan Intelkam Polres Aceh Timur, LSM WCS, serta awak media, tiba di lokasi sekira pukul 11.00 WIB.

Baca Juga:  Seekor Gajah Mati di Areal PT Bumi Flora, Banda Alam Aceh Timur

Kepala Seksi Wilayah I BKSDA Aceh Dedy Irvansyah kepada Beritakini, mengatakan, bangkai gajah tersebut telah dibedah oleh Tim BKSDA Aceh dan Polres Aceh Timur yang dipimpin oleh Drh. Rosa guna mengambil sampel untuk mengidentifikasi penyebab kematian gajah tersebut.

Dalam nekropsi yang selesai sekira pukul 17.30 WIB itu, tim mengambil sampel yang di antaranya organ hati, darah, jantung, cairan usus dan juga limpa.

Baca Juga:  Bawa Kerangka Gajah, Empat Warga Aceh Timur Ditangkap Polisi di Langsa

Diterangkannya, tim telah mendapatkan hasil sementara dari nekropsi yang dilakukan pada gajah betina yang diperkirakan memiliki usia 10 tahun itu.

“Tim menemukan kain bungkusan di dalam lambung gajah yang berisi benda berupa serbuk berwarna keunguan yang diduga adalah racun,” katanya.

Lanjutnya, diagnosa sementara, gajah tersebut mati keracunan.

Baca Juga:  Seekor Gajah Jantan Ditemukan Mati di Aceh Timur

Sementara itu, Kapolsek Banda Alam Iptu Zainir mengatakan pihak kepolisian masih menyelidiki siapa pelaku dibalik kematian gajah tersebut.

“Diduga pelaku meracuni gajah tersebut dengan cara terlebih dahulu memasukan racun ke dalam kain, lalu kain tersebut dimasukan ke dalam buah nangka yang kemudian diletakan di antara rumput atau pepohonan sehingga gajah memakannya, hingga mengakibatkan gajah tersebut mati,” terangnya.[] Beritakini.co

  • 74
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Kategori

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved