Palestina: ‘Kesepakatan Abad Ini’ Bikinan AS Telah Gagal

Foto/Istimewa

Ramallah, Mercinews.com  – Otoritas Palestina (PA) mengatakan, apa yang disebut “kesepakatan abad Ini”, sebuah rencana yang digagas oleh Amerika Serikat (AS) untuk mencapai penyelesaian damai antara Israel dan Palestina, telah menemui kegagalan.

“Berkat ketabahan rakyat Palestina dan komitmen kepemimpinan terhadap konstanta nasional, ‘kesepakatan abad ini’ pimpinan AS telah digagalkan,” juru bicara PA, Nabil Abu Rudeina dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga:  Bocah Palestina Tewas Ditembak Tentara Israel di Tepi Barat

“Jika kesepakatan itu berhasil, itu akan menjadi kesepakatan regional yang mempengaruhi semua orang dan negara di wilayah ini,” katanya, seperti dilansir Anadolu Agency pada Minggu (22/8).

Namun, Abu Rudeina itu mengatakan kawasan Timur Tengah saat ini berada di persimpangan jalan. Dia lalu menyerukan negara-negara di kawasan untuk kembali merapatkan barisan dan menolak kesepakatan tersebut.

Baca Juga:  Beredar Foto Tentara Wanita yang Tembak Perawat Muda Palestina Razan al-Najjar

“Mereka (negara-negara di kawasan) harus tetap bersama untuk kepentingan nasional untuk mencegah transformasi kesepakatan abad ini, yang telah melambat tetapi belum berakhir, menjadi kesepakatan regional yang konsekuensinya tidak dapat diprediksi,” katanya.

Menurut Palestina, pemerintah AS berusaha memaksakan solusi politik yang menyerukan pembentukan sebuah negara di Jalur Gaza dan otonomi terbatas di Tepi Barat, dengan Israel tetap memegang kendali atas kota Yerusalem.

Baca Juga:  Saksi: Perawat Itu Angkat Tangan, Israel Tetap Menembaknya

PA sendiri telah menolak mediasi AS sejak Desember lalu, ketika Donald Trump secara resmi mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel.

Sumber: SINDOnews |

  • 36
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Kategori

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved