Mercinews


Tolak Latihan Senam Poco-poco, Rutan Kelas II B Takengon Rusuh

20180725 mediasi di rutan takengon - Tolak Latihan Senam Poco-poco, Rutan Kelas II B Takengon Rusuh

Banda Aceh, Mercinews.com – Penghuni Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B, Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, dikabarkan membuat kerusuhan Rabu (25/7/2018) sekitar pukul 18.30 WIB.

Informasi yang diterima, kerusuhan tersebut dipicu karena persoalan senam poco-poco untuk persiapan kegiatan 17 Agustus.

Dari informasi awal yang diterima menyebutkan sebagian para tahanan perempuan menolak ikut serta dalam latihan senam tersebut. Akibatnya terjadi perdebatan alot antara tahanan dengan petugas lapas.

Insiden ini membuata para tahanan yang tersulut emosi kemudian memprotes kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan Kepala Rutan Kelas II B Takengon. Mereka menuntut sipir agar melonggarkan aturan dalam rumah tahanan tersebut.

Baca juga:  Nasir Jamil: Hampir Seluruh Lapas di Aceh Over Kapasitas

Para tahanan juga menuntut pergantian kepala Rutan Kelas II B Takengon serta meminta agar kamar tahanan nomor 6 tidak dikunci.

Humas Kanwil Kemenkumhan Aceh, Ida Meilani, kepada Beritakini pada Rabu malam, membenarkan adanya insiden kerusuhan di Rutan Kelas II B Takengon tersebut.

“Saya belum memastikan seperti apa, tapi sampai saat ini sudah aman karena pihak Polres dan pihak Kodim sudah mengamankan,” kata Ida.

Dia membenarkan insiden tersebut dipicu oleh latihan Poco-Poco yang dibuat pihak Rutan Kelas II B Takengon.

Baca juga:  Hadiri Senam Poco-poco, Jokowi Batal, Resmikan Ground Breaking Jalan Tol Aceh

“Ada beberapa yang tidak mau latihan, jadi ya sudah yang nggak mau latihan, dikembalikan lagi di blok. Dikunci gitu kan, kan memang pengamanan seperti itu. Mungkin pemicu dari situ aja sih. Sebetulnya masalah sepele,” kata Ida.

Dia mengaku heran dengan hal kecil tersebut hingga dapat menyebabkan kerusuhan di Rutan Takengon.

Hingga saat ini Ida mengaku belum mendapat konfirmasi pasti mengenai kejadian tersebut.

“Baru menggali lagi sedetail-detailnya informasi dari yang bersangkutan langsung,” kata Ida.[] Beritakini.co

loading...

Comments