Pelat Nomor Kendaraan Pribadi akan Diganti Warna Putih

foto: istimewa

Jakarta, Mercinews.com – Korps Lalu Lintas Polri telah menentukan perubahan warna dasar pada pelat kendaraan pribadi. Pelat nomor yang tadinya berwarna hitam akan diganti dengan warna putih.

“Sementara ini yang sudah fix akan ada perubahan adalah kendaraan pribadi yang warna dasar hitam tulisan putih menjadi warna dasar putih tulisan hitam,” kata Kasie STNK Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Bayu Pratama kepada detikcom, Kamis (26/7/2018).

Baca Juga:  Aneka Spanduk Imbauan Mudik di Jalur Puncak yang Bikin Tersenyum

Warna putih dipilih sebagai pengganti karena lebih memudahkan polisi dalam mengawasi pelat nomor kendaraan. Selain itu, pemilihan warna putih juga sudah melalui kajian sejumlah pakar, salah satunya pakar IT.

“Berdasarkan kajian pakar IT warna putih adalah warna yang memiliki panjang gelombang paling baik untuk ditangkap kamera CCTV, sehingga apabila akan diterapkan tilang elektronik tingkat akurasinya paling baik dan sangat tinggi,” jelas Bayu.

Baca Juga:  19 Pintu Tol akan Ditutup Selama Asian Games

Untuk pelaksanaannya sendiri belum ditentukan. Polri masih menunggu pengadaan tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB).

“Pelaksanaannya menunggu pengadaan peralatan alat cetak/embossing TNKB, karena akan ada perubahan spesifikasi menjadi lebih baik,” tutur Bayu.

Baca Juga:  19 Pintu Tol akan Ditutup Selama Asian Games

Lebih jauh Bayu mengungkap, perubahan warna pelat nomor kendaraan ini untuk memudahkan dalam tilang elektronik (electronic law enforcement). Selain itu, perubahan warna pelat juga dilakukan agar memudahkan dalam penindakan ganjil-genap.[]

Sumber: detikcom

  • 135
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Kategori

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved