373 Siswa SMK se-Aceh Ikut FLS2N Tingkat Provinsi

Banda Aceh, Mercinews.com – Sebanyak 373 siswa SMK yang tersebar di seluruh Aceh mengikuti Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Provinsi yang berlangsung sejak 25 hingga 29 Juli 2018, di Banda Aceh.

Sekretaris Dinas Pendidikan Aceh, Muslem, S.Ag, M.Pd atas nama Kepala Dinas Pendidikan Aceh saat membuka

FLS2N pada Rabu (25/07/2018), di Banda Aceh, mengatakan, diselenggarakannya event FLS2N jenjang SMK tahun 2018 sebagai upaya memberikan ruang unjuk bakat, minat, kreativitas, serta inovasi.

“Festival dan lomba seni, merupakan salah satu wahana yang dipergunakan untuk mengimplementasikan penguatan pendidikan karakter.Melalui Seni, dapat dikembangkannya nilai-nilai dengan harmonisasi antara olah pikir, olah rasa, olah hati dan olah raga,” ujarnya.

Menurutnya, seni menjadi sarana peningkatan mutu SMK, yang menjadi ajang ekspresi ide, gagasan, serta perwujudan kompetensi dan potensi diri peserta didik.Penguasaan kompetensi bidang seni juga bisa menjadi bekal dalam bidang jasa produktif dan bernilai ekonomi.

Baca Juga:  Siswa Mulai Belajar di Sekolah Darurat Buatan UAR dan MER-C di Lombok

“Latihan dan olah seni dapat menumbuhkan kreativitas dan ekspresi yang kuat bagi peserta didik dan harmonisasi antara wacana dan fakta diasah menjadi suatu kreativitas yang memperkuat kecakapan peserta didik dalam kepekaan, kepedulian serta toleransi,” tuturnya.

Dengan terselenggaranya FLS2N ini, ia berharap akan memberi kesempatan kepada para peserta didik untuk mengembangkan karakter dan prestasi seni melalui kreasi seni, yang menjunjung tinggi nilai sportifitas dan kejujuran.

“Tentunya nilai kejujuran bahwa setiap penilaian wajib mengedepankan objektivitas kamampuan para peserta pada setiap mata lomba dengan tidak melihat siapa dan dari Kabupaten/Kota mana asal peserta. Dengan demikian lomba ini dapat menghasilkan putra-putri Aceh yang hebat dan dapat bersaing pada lomba tingkat Nasional yang akan berlangsung pada Agustus ini di Aceh,” harapnya.

Baca Juga:  Lulusan SMK Harus Miliki Kemampuan Generik

Kepala Bidang Pembinaan SMK Dinas Pendidikan Aceh, Teuku Miftahuddin, S.Pd, M.Pd, mengatakan, peserta FLS2N adalah putra-putri Aceh dan didampingi guru pendamping SMK dari kabupaten/kota di seluruh Aceh.

Ia menjelaskan, FLS2N jenjang SMK tahun ini memperlombakan enam cabang seni yaitu lomba Menyanyi Solo, Solo Gitar Klasik, Tari Tradisional, Teater, Film Pendek dan Musik Tradisi Daerah.

“Tujuan dilaksanakan seleksi Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) SMK ini adalah untuk membina dan meningkatkan kreativitas siswa dalam bidang seni sekaligus mengembangkan sikap kompetitif dalam diri siswa,” kata Teuku Miftahuddin.

Disamping itu, kata dia, FLS2N ini juga untuk mengasah kepekaan siswa dalam menghargai seni dan karya orang lain serta mampu mengembangkan bakat dan minat dalam bidang seni.

Baca Juga:  MB Gita Handayani Akan Berlaga di Piala Raja Hamengku Buwono 2018

“Sekaligus juga sebagai sarana promosi potensi peserta didik kepada dunia usaha dan industri khususnya ekonomi kreatif.Kegiatan ini juga dalam upaya pembentukan sikap/karakter siswa yang mempunyai kehidupan dengan rasa aman, jujur, disiplin, sportifitas, penuh kreatifitas, serta rasa persahabatan dan kebangsaan yang tinggi antar sesama siswa,” terangnya lagi.

Menurutnya, bagi para juara I nantinya peserta tersebut akan mengikuti FLS2N mewakili Aceh ke tingkat nasional yang dipastikan berlangsung di provinsi Aceh pada 26 Agustus 2018 nanti.

“Peserta akan diseleksi secara objektif dan menjunjung tinggi nilai-nilai sportifitas oleh para dewan juri. Adapun dewan juri berasal dari dosen perguruan tinggi, praktisi Seni dan seniman,” sebutnya.[]

Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Kategori

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved