Israel Kembali Buka Gerbang Al-Aqsa Pasca Bentrok

Tentara Israel membubarkan jamaah saat masuk ke kompleks Masjid al-Aqsa. Foto/Istimewa

Yerusalem, Mercinews.com – Pemerintah Israel membuka kembali pintu masuk ke kompleks Masjid al-Aqsa, Yerusalem Timur. Tentara Zionis sempat menutupnya selama beberapa jam setelah salat Jumat, menurut seorang pejabat Palestina.

Sebelumnya, pada Jumat, puluhan warga Palestina diserang dan ditangkap setelah pasukan khusus Israel menyerbu Masjid al-Qibali al-Aqsa.

“Setidaknya 50 polisi menyerbu Masjid Al-Qibali, menyerang jamaah dan menangkap 20 orang lainnya,” kata Firas al-Dibs, seorang juru bicara Otoritas Wakaf Keagamaan yang dikelola Yordania, dalam sebuah pernyataan seperti disitir dariAnadolu, Sabtu (28/7/2018).

Baca Juga:  Israel Cabut Larangan Masuk bagi Warga Indonesia

Menurut Otoritas Wakaf Keagamaan, total 15 warga Palestina terluka – termasuk tiga penjaga masjid – dalam jarak dekat.

Bagi umat Muslim, al-Aqsa mewakili situs ketiga paling suci di dunia. Orang Yahudi, untuk bagian mereka, merujuk ke daerah itu sebagai “Gunung Bait Suci”, mengklaim itu adalah situs dari dua kuil Yahudi di zaman kuno.

Baca Juga:  Kembali Bergejolak, PBB Peringatkan Gaza di Ambang Perang

Israel menduduki Yerusalem Timur – di mana al-Aqsa berada – selama Perang Timur Tengah meletus pada 1967.

Negara Zionis ini kemudian mencaplok seluruh kota pada tahun 1980, mengklaim sebagai “Ibu Kota abadi” dari negara Yahudi yang diprokalimirkan sendiri dalam sebuah langkah yang tidak pernah diakui oleh masyarakat internasional.

Baca Juga:  Blokade Gaza Berlanjut, Hamas Ancam Gunakan Kekuatan Militer

Pada akhir tahun 2000, kunjungan ke al-Aqsa oleh politisi kontroversial Israel Ariel Sharon memicu pemberontakan rakyat selama bertahun-tahun melawan pendudukan Israel di mana ribuan orang Palestina kehilangan nyawa mereka.

SINDOnews

  • 25
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Kategori

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved