Bunga Bangkai Tumbuh di Blang Mangat Lhokseumawe

Bunga bangkai yang tumbuh di Kota Lhokseumawe, Senin (30/7). Foto: Sarina

Lhokseumawe, Mercinews.com – Bunga bangka (Amorphophallus paeonifolius) ditemukan warga Gampong Meunasah Masjid Punteut, Kecamatan Blang Mangat, Kota Lhokseumawe tumbuh di sekitaran makam gampong setempat. Bunga yang temasuk Famili Araceae (suku talas-talasan) tersebut masuk dalam International Union for Conservation of Nature harus dilestarikan keberadaannya meski tidak masuk dalam kategori terancam punah.

Seorang warga yang pertama sekali melihat dan menemukan bunga bangkai, Ida Dahriani Nurdin mengatakan, pertama sekali dia melihat bunga tersebut tumbuh di sekitaran makam umum gampong tersebut sekitar tiga bulan yang lalu, awalnya dirinya tidak mengetahui bunga apa itu karena bentukny aneh dan jarang dilihat.

“Awalnya saya lihat dan penasaran kok betuknya aneh. Karena merasa penasaran saya foto dan mengirimkannya foto-foto itu ke akun sosial media facebook miliknya,” katanya saat ditemui ajnn Senin (30/7).

Ida menambahkan, sejak melihat dan mengetahui kalau yang tumbuh itu bunga bangkai dan termasuk dalam katagori jenis langka tumbuh di kawasan kuburan. Hampir setiap hari dirinya melihat-lihat bagaimana perkembangan bunga-bunga itu. Menurutnya, beberapa hari terakhir ada sejumlah bunga bangkai juga sudah mati.

“Ini sebagian ada yang sudah mati juga, dan ada juga beberapa batang yang baru tumbuh,” ungkapnya di lokasi tumbuhnya bunga bangkai itu.

Sejauh ini, sambungnya, setelah mengetahui ada tumbuh bunga bangkai di sekitaran belakang rumah miliknya, ramai masyarakat yang datang untuk melihatnya. Akan tetapi sebagian besar mereka tidak peduli akan jenis bunga tersebut, karena mereka menganggap kalau bunga itu hanya tumbuhan liar yang tumbuh di hutan.

“Rencana bunga ini mau dilestarikan dan di pagar, karena tanah makan ini lagi dalam sengketa tanah, jadi bunga bangkai itu dibiarkan tumbuh sendiri, tapi sejauh ini tidak ada warga yang mengganggunya,” ujarnya.

  • 101
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Kategori

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved