Iran Tegaskan Tidak akan Pernah Tunduk pada Sanksi AS

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad, Javad Zarif menyatakan, pihaknya tidak akan pernah tunduk pada sanksi Amerika Serikat (AS). Foto/Istimewa

Teheran, Mercinews.com – Menteri Luar Negeri Iran Mohammad, Javad Zarif menyatakan, pihaknya tidak akan pernah tunduk pada sanksi Amerika Serikat (AS). Dia menyebut, Iran memiliki pengalaman untuk selamat dari sanksi AS.

“Presiden AS dan para pendahulunya telah menjatuhkan sanksi pada kami selama sekitar 40 tahun. Tetapi dengan anugerah Allah dan upaya rakyat Iran, kami telah membuat kemajuan, mencapai martabat hari demi hari dan melewati semua kesulitan,” kata Zarif.

Baca Juga:  Ibu Kota Suriah Dihujani Rudal Israel Secara Besar-besaran

“Kami percaya dunia telah sampai pada kesimpulan bahwa AS perlu menghentikan kecanduannya terhadap sanksi,” sambungnya, saat berbicara di depan perwakilan pengusaha dan Duta Besar Iran, seperti dilansir Sputnik pada Senin (30/7).

Sebelumnya, Zarif mengatakan bahwa AS menjadi terbiasa menerapkan sanksi terhadap negara-negara lain. Dia menyatakan, Teheran akan membuat Washington melepaskan kecanduan tersebut.

Baca Juga:  Khamenei: Tanah Suci Makkah Bukan Milik Penguasa Saudi

Zarif menyatakan, Iran memiliki sumber daya yang cukup untuk memaksa AS menghentikan kecanduan untuk menjatuhkan sanksi kepada negara lain dan menyebut bahwa negara lain juga sudah mulai muak dengan sikap AS tersebut.

“Kami memiliki kekuatan yang cukup untuk menunjukkan kepada AS bahwa mereka harus meninggalkan kecanduan ini. Kami percaya bahwa dunia telah sampai pada kesimpulan bahwa AS harus mengatasi ketergantungannya pada sanksi,” ungkap Zarif.

Baca Juga:  Iran Sebut Dunia Diam saat Suriah Dihujani 70 Rudal Israel

Diplomat Iran itu, kemudian menekankan bahwa sudah saatnya Uni Eropa (UE) bertindak untuk kepentingan negara-negara anggotanya dan berhenti membabi buta mengikuti kebijakan Presiden AS, Donald Trump.

  • 47
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Kategori

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved