SBY-Prabowo Koalisi, Apa Kabar AHY?

Foto: dok. Partai Demokrat

Jakarta, Mercinews.com – Partai Gerindra dan Demokrat akhirnya sepakat berkoalisi di Pilpres 2019. Bahkan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sudah mendukung Ketum Gerindra Prabowo Subianto untuk nyapres. Lalu, apa kabar dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), yang semula santer bakal menjadi cawapres Prabowo?

Kesepakatan Gerindra dan Demokrat berkoalisi terjadi seusai pertemuan SBY dengan Prabowo pada Senin (30/7). Prabowo mengatakan Gerindra dan PD akan membahas langkah ke depan dalam waktu dekat.

“Ada kehendak dari kedua pihak untuk menjalin suatu sinergi, suatu kerja sama yang erat dalam menghadapi keadaan negara yang dalam kesulitan,” kata Prabowo dalam jumpa pers bersama SBY di rumahnya, Jl Kertanegara, Senin (30/7/2018).

“Kita sepakat untuk melaksanakan, untuk melakukan kerja sama politik, tentunya akan terwujud dalam koalisi,” lanjutnya.

Baca Juga:  Jadi Tersangka, Idrus Marham Janji Tak Khianati Jokowi di Pilpres

Dalam pertemuan tersebut, AHY, yang biasanya mendampingi SBY saat pertemuan dengan Prabowo, kini absen. Dia lebih memilih menghadiri deklarasi Relawan Cakra.

AHY mengatakan dirinya memilih datang ke acara deklarasi Relawan Cakra AHY untuk membangkitkan semangat para relawan. Kehadirannya dalam deklarasi juga untuk saling berkolaborasi. Meski tidak ikut hadir dalam pertemuan, AHY menitipkan salam kepada Prabowo melalui sang ayah.

“Tentu saya ingin membagi kebersamaan saya dengan istri datang untuk sama-sama membangkitkan menyatukan energi dan semangat karena sekali lagi perubahan itu hadir kalau kita bersatu, kalau kita berkolaborasi dan bersinergi. Saya punya keyakinan, optimistis bahwa Indonesia akan semakin baik ke depan,” kata AHY di Gedung Joang 45, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (30/7).

“Saya sudah menyampaikan salam hormat saya kepada Pak Prabowo Subianto melalui Pak SBY langsung tadi. Tentu Pak Prabowo Subianto sebagai capres yang diusung oleh Partai Gerindra dan insyaallah bagian dari koalisi juga, maka sesungguhnya kita ingin terus memahami apa yang akan dibawa untuk negeri kita. Solusi-solusi terbaik yang tentunya diharapkan oleh rakyat kita, terutama di bidang ekonomi, di bidang ekonomi sosial,” lanjutnya.

Baca Juga:  Abraham Samad Setuju Soal Aturan Eks Koruptor Tak Boleh Nyaleg

Soal cawapres, AHY mengatakan saat ini masih terus menjalin komunikasi dengan partai koalisi lain terkait posisi tersebut. Namun dia menjabarkan hasil survei terkait elektabilitas dirinya di kontestasi pilpres.

“Nah, yang terus kita lakukan sekarang ini adalah membuka komunikasi seluas-luasnya, apakah bertemu antara ekspektasi publik yang sering kali dipotretkan hasil-hasil survei elektabilitas yang kita tahu selalu diukur dari waktu ke waktu ada peningkatan elektabilitas AHY. Memang di sana saya syukuri, saya berterima kasih. Artinya, ada harapan dari masyarakat luas agar AHY juga bisa menjadi salah satu alternatif,” katanya.

Baca Juga:  Tinggalkan Demokrat, Prabowo: Membangun Koalisi Tidak Mudah

Sementara itu, muncul nama lain yang berpotensi mendampingi Prabowo di Pilpres 2019 berdasarkan hasil Ijtimak Ulama, yakni Salim Segaf Aljufri dan Ustaz Abdul Somad. Salim mengaku siap mendampingi Prabowo di Pilpres 2019.

“Siap ya, kita siap,” ujar Salim setelah menerima Prabowo dan rombongan Gerindra di kantor DPP PKS, Jl TB Simatupang, Jakarta Selatan, Senin (30/7).

Berbeda dengan Salim, Abdul Somad justru menilai ada yang lebih layak menjadi cawapres ketimbang dirinya.

“Bukan menolak, ada yang lebih layak,” jawabnya singkat sembari berjalan ke mobil dengan pengawalnya, Senin (30/7).

Lalu, bagaimana dengan nasib AHY di Pilpres 2019?

(detikcom)

  • 42
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Kategori

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved