Nasir Jamil: Hampir Seluruh Lapas di Aceh Over Kapasitas

Lhokseumawe, Mercinews.com – Anggota Komisi III DPR RI Nasir Jamil menyebutkan hampir seluruh lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan di Aceh saat ini over kapasitas.

“Hampir seluruh rumah tahananan dan LP di Aceh yang saya kunjungi persoalan yang di hadapi hari ini adalah over kapasitas,” kata Nasir Jamil, kepada ajnn Selasa (31/7), setelah kunjungan kerjanya di Lapas Klas II A Lhokseumawe.

Baca Juga:  Tolak Latihan Senam Poco-poco, Rutan Kelas II B Takengon Rusuh

Dikatakan Nasir, ada banyak keluhan yang disampaikan napi saat dia berkunjung ke lapas diantaranya persoalan air bersih, beberapa fasilitas lainnya dan persoalan perlakuan hukum yang mereka alami.

“Napi penghuni lapas di Lhokseumawe rata-rata keluhannya lebih pada penegakan hukum atau perlakuan hukum yang mereka alami. Artinya mereka menilai keadilan belum memihak kepada mereka,” ujar Nasir Jamil.

Baca Juga:  Ambulans RSUD Simeulue Bergoyang, Satpol PP Tangkap Napi Bersama Wanita

Dia berharap ada konstribusi secara masif dari pemerintah Aceh, dan kabupaten/kota untuk pemberdayaan napi di dalam lapas. Sehingga para napi bisa memiliki keterampilan saat mereka keluar dari lapas dan bisa mengurangi beban mereka dan pihak keluarga.

Sementara itu, Kepala Lembaga Permasyarakatan Klas II A Lhokseumawe, Nawawi yang dihubungi juga tidak menampik bila persoalan yang saat ini yang dihadapi lapas Lhokseumawe adalah terkait over kapasitas. Dimana sebutnya daya tampung napi di Lapas Lhokseumawe berkapasitas 560 dan saat ini dihuni 750 orang napi.

Baca Juga:  Kunjungi Warga Lapas II.B Blangpidie, Bupati Abdya Akmal Ibrahim Sampaikan Moral

“Persoalan yang kita hadapai saat ini lebih pada over kapasitas penghuni lapas, untuk persoalan lainnya seperti persoalan keadilan hukum atau perlakukan hukum terhadap mereka kita belum menerima keluhan tersebut,” pungkasnya.

  • 99
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Kategori

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved