Mercinews

Hukum

Sempat Mangkir, Steffy Burase Kini Penuhi Panggilan Penyidik KPK

Steffy Burase - Sempat Mangkir, Steffy Burase Kini Penuhi Panggilan Penyidik KPK
Steffy Burase

Jakarta, Mercinews.com – Penyidik KPK kembali memanggil teman dekat Gubernur Aceh Irwandi Yusuf, Fenny Steffy Burase. Steffy akan diperiksa sebagai saksi dalam rangkaian penyidikan terkait kasus korupsi Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) 2018.

“Yang bersangkutan kami jadwalkan ulang hari ini,” ujar juru bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Rabu (1/8).

Steffy tiba di gedung KPK sekitar pukul 10.20 WIB didampingi pengacara dan dua pengawal pribadinya. Setibanya di KPK, ia berjalan masuk menuju gedung KPK.

Dalam kasus ini, Gubernur Aceh nonaktif Irwandi diduga menerima suap sebesar Rp 500 juta dari Bupati Bener Meriah Ahmadi yang kemudian terungkap dari OTT. Penyerahan uang itu diduga dilakukan melalui dua orang swasta bernama T. Syaiful Bahri dan Hendri Yuzal.

Baca juga:  Demokrat Prihatin dengan Gubernur Aceh yang Kena OTT KPK

Uang ratusan juta rupiah itu diduga bagian dari Rp 1,5 miliar yang diminta oleh Irwandi. Diduga pemberian uang dari Ahmadi itu sebagai ijon proyek pembangunan infrastruktur yang bersumber dari Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) Tahun Anggaran 2018.

Baca: Darwati Agani Diperiksa Terkait Dokumen Aliran Dana

Penyidik menduga sebagian uang tersebut digunakan untuk pelaksanaan Aceh Marathon 2018 yang ditangani oleh Steffy Burase. Diduga, uang suap Irwandi dipakai untuk membeli jersey dan medali guna keperluan Aceh Marathon.

Praktik korupsi ini terungkap dari OTT yang dilakukan KPK Selasa (4/7) malam. Dalam OTT itu, KPK mengamankan sekitar 9 orang, termasuk Ahmadi dan Irwandi. Selain itu, KPK juga menyita sejumlah bukti berupa uang senilai Rp 50 juta, bukti transaksi perbankan, serta catatan proyek.

Baca juga:  Sebelum Ditangkap KPK, Irwandi Yusuf Terlihat di Sabang Bersama Steffy Burase

KPK kemudian menetapkan 4 orang sebagai tersangka. Irwandi bersama Syaiful Bahri dan Hendri Yuzal ditetapkan sebagai pihak yang diduga menerima suap. Sementara Ahmadi ditetapkan sebagai pihak yang diduga memberikan suap.

Sebelumnya Steffy mangkir dari panggilan KPK yang dijadwalkan pada Kamis (26/7). Saat dikonfirmasi, Febri tak menjelaskan apa alasa Steffy tak bisa hadir. Ia hanya menyebut, teman dekat Irwandi itu, meminta penjadwalan ulang. Oleh karena itu, KPK menjadwalkan ulang pemanggilan Steffy pada hari ini.

Kumparan

loading...

Comments
To Top