Catat! Ada 3 Hujan Meteor Hiasi Langit RI Agustus Ini

ilustrasi Foto

Jakarta, Mercinews,com – Tiga hujan meteor bakal menghiasi langit Indonesia pada bulan Agustus ini. Salah satunya hujan meteor perseid yang memiliki jumlah meteor yang banyak.

Dari kalender astronomi hujan meteor yang bakal menghiasi Agustus ini yakni hujan meteor alfa kaprikornid pada 2 Agustus besok, hujan meteor eta akuarid pada 6 Agustus, dan terakhir hujan meteor perseid pada 13 Agustus mendatang.

Baca Juga:  Pada 28 Juli Gerhana Bulan Total Hingga Hujan Meteor

“Perseid tergolong hujan meteor kuat dengan jumlah meteor per jam yang banyak,” kata Kepala Lapan Thomas Djamaluddin lewat pesan singkat, Rabu (1/8/2018).

jamaluddin menambahkan hujan meteor itu bisa disaksikan dengan mata telanjang alias tanpa alat bantu. Asalkan langit cerah dan tak berpolusi cahaya, sehingga hujan meteor ini bakal sulit disaksikan dari Jakarta.

Baca Juga:  Pada 28 Juli Gerhana Bulan Total Hingga Hujan Meteor

“Bisa, dalam kondisi langit cerah dan jauh dari polusi cahaya,” terangnya.

Dihubungi terpisah, Kepala Bidang Diseminasi Lapan Emanuel Sungging hujan meteor memang biasa terjadi sepanjang tahun. Tapi, hujan meteor perseid diakuinya lebih besar daripada hujan meteor lainnya.

“Hujan meteor sepanjang tahun ada, bisa dilihat tidaknya tergantung kondisi langit juga. Hujan meteor alfa kaprikornid itu nggak terlalu gede, perseid yang biasanya rada gede,” terangnya

Baca Juga:  Pada 28 Juli Gerhana Bulan Total Hingga Hujan Meteor

Dia menambahkan pada bulan ini ada juga fenomena gerhana matahari parsial hingga bulan purnama. Hanya saja gerhana matahari parsial tak bisa disaksikan di Indonesia.

“11 Agustus besok ada gerhana matahari parsial, terjadinya di Greenland Utara. Di Indonesia nggak terlihat,” terangnya.

detikcom

  • 47
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Kategori

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved