Swedia Nilai PBB Tidak Berbuat Banyak Bantu Perdamaian Israel-Palestina

Duta Besar Swedia untuk PBB, Olof Skoog menyatakan DK PBB, tidak melakukan cukup banyak tindakan untuk menyelesaikan masalah Israel-Palestina. Foto/Istimewa

New York, Mercinews.com – Duta Besar Swedia untuk PBB, Olof Skoog menyatakan bahwa PBB, khususnya Dewan Keamanan (DK) PBB, tidak melakukan cukup banyak tindakan untuk menyelesaikan masalah Israel-Palestina.

“Menyelesaikannya harus menjadi prioritas. Apakah sudah menjadi prioritas? Saya rasa tidak,” kata Skoog, saat pidato terakhirnya sebagai Presiden DK PBB, seperti dilansir Anadolu Agency pada Rabu (1/8).

Baca Juga:  Donald Trump Batal Bertemu Kim Jong-un, Sekjen PBB Kecewa Berat

Skoog mengatakan, peristiwa baru-baru ini telah menjauhkan perdamaian di wilayah tersebut, mengutip keputusan Amerika Serikat (AS) untuk memindahkan kedutaannya di Tel Aviv ke Yerusalem dan hukum negara-bangsa Yahudi Israel.

“Kami sangat dekat dengan perang Gaza lainnya. Hampir setiap hari ketegangan terjadi di sana yang dapat meningkat dengan sangat cepat. Jadi ini adalah situasi yang sangat berbahaya. Dan saya tidak berpikir bahwa DK telah cukup mencegah hal itu,” ungkapnya.

Baca Juga:  Bos Dewan HAM PBB Pertanyakan Undangan Jokowi untuk Kunjungi Papua

Dia juga mengatakan DK PBB telah gagal untuk mengambil pendekatan kemanusiaan di Gaza, Palestina dan menyebut dia tidak melihat ada gerakan maju untuk menyelesaikan konflik tersebut.

Baca Juga:  Israel Menarik Diri dari Pencalonan Anggota Dewan Keamanan PBB

Mantan Duta Besar Uni Eropa (UE) untuk Indonesia itu menambahkan, Swedia adalah salah satu negara yang tidak menyetujui keputusan AS untuk memindahkan kedutaanya ke Yerusalem.

(SINDOnews

  • 83
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Kategori

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved